Kata Polda Jatim Soal Pengacara Ungkap Oknum Polisi Transfer ke Vanessa

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 30 Apr 2019 11:25 WIB
Vanessa Angel di Rutan Medaeng/File: detikcom
Surabaya - Pengacara Milano Lubis menemukan fakta baru dalam kasus Vanessa Angel. Yakni ditemukannya nama oknum polisi berinisial HH yang mentransfer uang Rp 80 juta ke rekening muncikari Tentri Novanta.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menampik hal ini. Dia menegaskan hal tersebut tidaklah benar.

"Ya ndak benar, namanya juga pengacara kok," kata Barung saat dikonfirmasi detikcom di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (30/4/2019).

Barung pun meminta pengacara Vanessa Angel untuk menunjukkan bukti transfer tersebut jika memang benar ada oknum polisi yang mentransfer sejumlah uang.


"Itu kan kata pengacaranya. Tapi kan dibuktikan itu, kalau memang ditransfer mana bukti transfernya. Jangan hanya ngomong dong, mana buktinya," lanjut Barung.

Saat disinggung terkait pengguna Vanessa Angel, Rian Subroto yang hingga kini belum didatangkan di persidangan. Barung menambahkan pihaknya masih melakukan pencarian.

"Nanti saya tanyakan ke penyidik bagaimana, apakah dia akan dicari paksa atau bagaimana. Itu umumnya saksi ndak mau," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Barung menyarankan jika pengacara menemui hal-hal yang tak sesuai, silahkan melaporkan hal ini. Pihaknya pun siap untuk menindaklanjuti laporan tersebut.


"Nah itu silahkan saja kalau memang itu ada laporkan dong. Kita siap untuk menindaklanjuti laporan itu sesuai dengan apa yang disampaikan pengacaranya," pungkasnya.

Sebelumnya, Pengacara Vanessa Angel, Milano Lubis menyebut pihaknya telah mendapat fakta digital forensik baru terkait pentransfer uang Rp 80 juta. Diketahui, sosok tersebut merupakan oknum polisi di Polda Jatim.

"Kami ingin kebenaran ini semua terbuka dari awal. Akhirnya Rian sampai hari ini tidak bisa dihadirkan. Tapi terlepas dari itu, kami punya bukti terkait siap pentransfer uang Rp 80 juta yang dari awal penyidikan tidak pernah dibuka oleh Polda Jatim. Hari ini kami buka. Ini adalah namanya digital forensik, biar tahu teman-teman Polda Jawa Timur tahu mana namanya didigital forensik," kata Milano.

"Pentranfernya inisialnya HH dari bagian Polda Jawa Timur ke salah satu muncikari," imbuh Milano.


Tak hanya itu, salah satu Kuasa Hukum Tentri Novanta, Yafed Kurniawan mengatakan bahwa yang mentranfer Rp 80 juta kepada kliennya ialah orang lain berinisal H.

"Yang transfer ini adalah Herlambang Hasea ke rekening Tentri Novanta," kata Yafed Kurniawan.


Simak Juga 'Teriak ''Bebas'', Kuasa Hukum: Kasus Vanessa Angel Direkayasa Polda Jatim!':

[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)