Wali Kota Kediri akan Tingkatkan Anggaran Prodamas Dua Kali Lipat

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 29 Apr 2019 15:17 WIB
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar tetap melanjutkan dan meningkatkan beberapa program yang selama ini dinilai telah berhasil. Salah satunya program pemberdayaan masyarakat (Prodamas).

"(Prodamas) akan dilanjutkan. Nanti akan diluaskan lagi tidak hanya membangun infrastruktur. Tapi sumber daya manusianya juga," kata pria yang akrab dipanggil Mas Abu usai dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (29/4/2019).

Menurutnya, jika sebelumnya anggaran tiap RT Rp 50 juta, maka selanjutnya akan dinaikkan dua kali lipat. Sebab, ia ingin pembangunan Kota Kediri bukan hanya dilakukan oleh pemkot saja. Namun juga dilakukan bersama-sama dengan masyarakat.


"Ada kenaikan dari Rp 50 juta ke Rp 100 juta. Jadi, judulnya adalah kita akan membangun Kota Kediri bersama-sama masyarakat. Jadi yang membangun tidak hanya pemerintahnya tapi swadaya masyarakat juga terbangun dengan baik," bebernya.

Perluasan prodamas itu, terang dia, merupakan bagian dari peningkatan indeks pembangunan manusia seperti yang dipesankan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Untuk itu, pihaknya akan menjamin bahwa capaian Kota Kediri yang sudah bagus akan dipertahankan dan ditingkatkan lagi.


"Seperti yang dipesankan Bu Gubernur tadi menaikkan indeks pembangunan manusia yang pertama, lalu mengentaskan kemiskinan. Membuka peluang pekerjaan dan meningkatkan ekonomi di Jawa Timur. Nah, di Kota Kediri harus menjamin itu berhasil," ujarnya.

"Di Kediri angka penganggurannya rendah, ekonomi dan PAD-nya relatif tinggi. Nah, itu kita jamin supaya semua medium interprice terus tumbuh dengan baik" pungkasnya. (sun/fat)