Wali Kota Kediri dan Madiun Resmi Dilantik di Grahadi

Wali Kota Kediri dan Madiun Resmi Dilantik di Grahadi

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 29 Apr 2019 14:45 WIB
Pelantikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wali Kota Madiun Maidi/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wali Kota Madiun Maidi resmi dilantik. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan banyak hal kepada para kepala daerah.

"Alhamdulillah baru saja kita menyaksikan proses pelantikan yang diikuti penandatanganan pakta integritas oleh Wali Kota Kediri dan Wali Kota Madiun," kata Khofifah usai melantik di Gedung Negara Grahadi (29/4/2019).

"Pakta integritas ini diwakili oleh masing-masing kota oleh wali kotanya bagian dari komitmen bagaimana keberseiringan dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah," imbuhnya.


Menurut Khofifah, dalam penyelenggaraan pemerintahan ia berpesan agar mengambil bagian dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Selain itu, ia juga mengingatkan masing-masing bisa beriringan dalam pembangunan. Antara program-program prioritas nasional dan provinsi.

"Program-program yang menjadi prioritas nasional dan program program yang menjadi prioritas provinsi Jatim terutama yang telah kita formulasikan dalam nawa bakti satya. Kami mohon mengambil dalam proses RPJMD baik untuk Kota Kediri maupun untuk Kota Madiun," pesan Khofifah.


Dalam kesempatan itu, Khofifah juga mengapresiasi capaian Kota Kediri dan Madiun yang mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Untuk itu, ia mendorong agar capaian itu bisa terus dipertahankan.

"Dua kota ini kebetulan kemiskinannya rendah. Dua kota ini kebetulan penganggurannya rendah. Ini akan menjadi referensi bagi daerah-daerah lain," ujar gubernur wanita pertama Jatim itu.

"Karena PR Jatim hari ini adalah mendorong peningkatan indeks pembangunan manusianya. Menurunkan kemiskinannya, terutama di pedesaan. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan mempersempit antara selatan dan utara maupun ketimpangan antara kota dan desa," pungkas Khofifah. (sun/fat)