Banjir 1 Meter, Puluhan Warga Pasuruan Mengungsi

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 29 Apr 2019 12:27 WIB
Banjir di pasuruan rendam belasan desa/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Selain melumpuhkan jalur kereta dan jalur pantura, banjir juga melumpuhkan belasan desa di Pasuruan.

Banjir akibat luapan sungai-sungai besar yang tak mampu menampung debit air hujan merendam belasan desa. Ketinggian banjir mencapai 80 cm hingga lebih dari 1 meter.

Berdasarkan data yang diperoleh detikcom dari BPBD, di Kabupaten Pasuruan banjir merendam Desa Tambakrejo-Kecamatan Kraton, Desa Kedawungkulon dan Kedawungwetan, Kecamatan Grati, Desa Bandaran, Desa Winongan Lor, Desa Winongan Kidul-Kecamatan Winongan, Desa Gempol-Kecamatan Gempol, Desa Masangan-Kecamatan Bangil.


"Ada sejumlah desa yang tadi malam banjir tapi sudah mulai surut, seperti di Rembang dan Pohjentrek. Air sekarang mengarah ke utara," kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Senin (29/4/2019).

Untuk di Kabupaten Pasuruan belum ada yang mengungsi, tapi kami sudah siapkan nasi bungkus untuk warga. Selain di wilayah kabupaten, banjir juga merendam sejumlah kelurahan di Kota Pasuruan.

Seperti di Kelurahan Karangketug-Kecamatan Gadingrejo, Kelurahan Krampyangan-Kecamatan Bugulkidul, Kelurahan Tamanan-Kecamatan Purworejo. Di Kelurahan Tamaman, sejumlah warga mengungsi. Puluhan warga diungsikan ke gedung sekolah.


"Saya mengungsi sejak malam tadi. Di rumah saya banjir mencapai 2 meter," kata Siti Asyiah, warga Kelurahan Tamanan.

Banjir di Pasuruan akibat luapan Sungai Welang, Sungai Rejoso, Sungai Gembong, Sungai Petung, dan Sungai Kedunglarangan. Luapan sungai akibat hujan lebat selama 7 jam di hulu, seperti Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, Pandaan. (fat/fat)