Dear Bupati Ponorogo, Wisatawan Keluhkan Jalan Rusak Menuju Mloko Sewu

Charolin Pebrianti - detikNews
Minggu, 28 Apr 2019 18:08 WIB
Buruknya akses jalan menuju Mloko Sewu/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Jalan rusak menuju wisata Mloko Sewu di Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, kerap dikeluhkan wisatawan. Pengelola wisata berharap Pemkab Ponorogo segera memperbaiki jalan tersebut agar Mloko Sewu tidak semakin kehilangan pengunjung.

Meski berada dalam satu kawasan wisata Telaga Ngebel, akses jalan di Desa Gondowido jauh dari kata layak. Sebab, hampir 70 persen dari jalan tersebut rusak dan berlubang.

"Saya sering dapat protes dari pengunjung yang bilang jalannya ekstrem, karena rusak banyak lubang apalagi posisinya menanjak," tutur salah satu pengelola wisata Mloko Sewu, Feri Andrianto, Minggu (28/4/2019).


Feri mengaku khawatir akan keselamatan para pengunjung saat melewati jalan rusak menanjak tersebut. Terutama para perempuan yang mengendarai sepeda motor demi bisa sampai ke Mloko Sewu.

"Dulu ada salah satu pengunjung yang bilang katanya habis jatuh gara-gara menghindari lubang," imbuhnya.

Selain itu, akibat akses jalan yang buruk banyak wisatawan yang enggan datang ke Mloko Sewu. Jumlah kunjungan wisatawan di destinasi yang baru dibuka 1 tahun itu akhirnya menurun.


"Mereka (para pengunjung) jadi enggan untuk kembali, selain itu mereka juga secara otomatis memberikan informasi ke calon pengunjung lain soal akses jalan yang buruk," tambahnya.

Menurutnya, tagline yang saat ini digaungkan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni tentang ''Ayo ke Ponorogo' tidak dibarengi perbaikan akses jalan. Terutama ke tempat wisata. Feri berharap ada perhatian khusus dari Pemkab Ponorogo terutama Dinas PUPR untuk segera memperbaiki akses jalan yang rusak.

"Apalagi jelang Ramadan habis itu Idul Fitri momen libur panjang para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini supaya terpuaskan tidak hanya dari wisatanya tapi juga dari akses jalannya," pungkasnya. (sun/bdh)