detikNews
Jumat 26 April 2019, 18:28 WIB

Jenazah Mahasiswi Korban Kecelakaan Tol Nganjuk Disambut Tangis Santri

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jenazah Mahasiswi Korban Kecelakaan Tol Nganjuk Disambut Tangis Santri Jenazah korban kecelakaan di Tol Nganjuk disalati/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Jenazah salah satu mahasiswi korban kecelakaan di tol Madiun-Nganjuk tiba di Tebuireng, Jombang. Kedatangan jenazah santri asal Palembang itu disambut isak tangis teman sesama santri.

Jenazah Sulaimatul Azizah (22) tiba di Ponpes Al Masruriyah Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang sekitar pukul 15.00 WIB. Di pondok inilah korban lebih dari 7 tahun menuntut ilmu sebagai santri.

Gadis yang akrab disapa Sule ini juga tercatat sebagai mahasiswa semester 8 Fakultas Manajemen Pendidikan Islam Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy), Tebuireng, Jombang. Tiba di pesantren, jenazah Sule disambut isak tangis sejumlah temannya sesama santri. Jenazah langsung disalati oleh para pengurus pesantren bersama para santri.


Pimpinan Pesantren Al Masruriyah Tebuireng KH Agus Mohamad Zaki mengatakan, jenazah Sule akan dikebumikan di pemakaman umum Tebuireng, Desa Cukir. Lokasi pemakaman tak jauh dari pesantren. Menurut dia, pemakaman ini atas permintaan orang tua korban.

"Jarak rumah Sule dengan bandara 12-13 jam. Kalau dibawa pulang akan butuh waktu yang lama. Akhirnya orang tua minta ke pondok agar jenazah santri saya bisa dimakamkan di pemakaman umum warga Tebuireng. Alhamdulillah proses itu berjalan lancar, tanpa ada halangan," kata Zaki kepada wartawan di pondoknya, Jumat (26/4/2019).

Pemakaman jenazah Sule yang sedianya digelar pukul 16.00 WIB, lanjut Zaki, terpaksa ditunda malam nanti sekitar pukul 22.00-23.00 WIB. Hal itu juga atas permintaan orang tua korban.


"Karena orang tuanya perkiraan mendarat di Surabaya jam 9 (pukul 21.00 WIB), ibunya minta supaya ditunda karena ini pertemuan terakhir dengan almarhum," terangnya.

Teman dekat Sule, Petrix Edy Wijaya mengaku sempat berkomunikasi dengan korban sebelum kecelakaan maut terjadi. Dalam percakapan dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB, korban sempat mengeluhkan kondisi sopir yang mengantuk.

"Percakapan tadi soal kalau dia capek habis jalan-jalan di Yogyakarta. Dia juga bicarakan sopir yang sudah mengantuk," tandasnya.


Sulaimatul Azizah menjadi satu dari 5 korban tewas dalam kecelakaan di Tol Nganjuk dini hari tadi. Kecelakaan tersebut menewaskan pengemudi dan empat mahasiswa Unhasy Jombang. Mobil Hiace yang berisi 11 penumpang itu melaju dari arah Madiun ke Nganjuk. Saat hendak mendahului, minibus itu menghantam truk tronton nopol B 9586 MB.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed