Petugas KPPS dan Linmas Pasuruan Meninggal Usai Rekapitulasi

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 26 Apr 2019 15:37 WIB
Ilustrasi proses rekapitulasi tingkat kecamatan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Kabar duka kembali datang dari penyelenggaraan Pemilu 2019. Seorang petugas KPPS di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan meninggal usai ambruk saat rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Petugas KPPS yang meninggal bernama Ita Mutmainnah (43), anggota KPPS di TPS 01 Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari. Perempuan yang terbilang berpengalaman dalam tugas Pemilu itu menghembuskan napas terakhir usai mengikuti proses rekapitulasi di PPK.

Pada Rabu (24/4) sekitar pukul 21.00 WIB, saat pleno PPK sudah masuk tahap rekapitulasi untuk suara DPR RI, tiba-tiba ia mengeluh badannya melemah. Ia lalu pamit pulang.


Sampai di rumah kondisi ibu tiga anak itu semakin parah dan dilarikan ke RS Sahabat Sukorejo. Dari RS Sahabat, Ita dirujuk RS Asih Abyakta Gempol.

"Informasi yang saya terima Bu Ita wafat di RS Asih Abiyakta pukul 23.45 WIB. Beliau dimakamkan kemarin," kata Camat Purwosari, Eka Wara Bhraespati saat menceritakan kronologi wafatnya Ita, Jumat (26/4/2019).

Eka mengatakan, Ita bukan petugas Pemilu pertama yang meninggal. Sebelumnya Linmas yang berjaga di TPS 20 Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari juga meninggal. Anggota Linmas bernama Tasum (55) itu meninggal sehari pascapenghitungan suara di TPS.


"Sehari pascarekap di TPS, Pak Tasum bekerja seperti biasa. Tanggal 19 April beliau meninggal diduga kelelahan," imbuh Eka.

Pihak kecamatan saat ini terus berusaha agar kedua keluarga almarhum mendapat perhatian dari pemerintah. Seperti santunan dari dari Pemprov Jatim.


Simak Juga 'Analisis KPU Soal Penyebab Anggota KPPS Bertumbangan':

[Gambas:Video 20detik]

(sun/iwd)