detikNews
Selasa 23 April 2019, 17:59 WIB

23 TPS di Jombang Gelar Hitung Ulang Suara Caleg, Ini Penyebabnya

Enggran Eko Budianto - detikNews
23 TPS di Jombang Gelar Hitung Ulang Suara Caleg, Ini Penyebabnya Foto proses hitung ulang di TPS 14 Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Jombang (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Sebanyak 23 TPS di Jombang terpaksa menggelar penghitungan suara ulang. Pasalnya, ditemukan kesalahan penghitungan perolehan suara caleg di puluhan TPS tersebut.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto membenarkan, penghitungan ulang digelar di 23 TPS. Menurutnya, puluhan TPS itu tersebar di 9 kecamatan di Kota Santri.

Meliputi 2 TPS di Kecamatan Bareng, 5 TPS di Kecamatan Gudo, 3 TPS di Kecamatan Jombang, 5 TPS di Kecamatan Kesamben, dan 4 TPS di Kecamatan Perak. Sementara 4 TPS lainnya masing-masing berada di Kecamatan Plandaan, Kecamatan Tembelang, Kecamatan Megaluh, serta Kecamatan Ngoro.


"Penghitungan ulang ini atas rekomendasi Panwascam karena menemukan adanya surat suara dicoblos gambar partai dan caleg dihitung dua. Sehingga jumlahnya tidak sama. Semua rata-rata kasusnya seperti itu. Harusnya dihitung sah untuk suara caleg saja, tapi dihitung untuk partainya juga," kata Dafid kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).

Kejadian salah menghitung ini, lanjut Dafid, ada yang diketahui sejak di TPS. Namun, ada juga yang baru diketahui ketika rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Itu setelah ditemukan selisih antara jumlah suara sah dengan perolehan suara caleg dan partai.

"Ada yang diketahui saat di TPS, ada juga yang baru diketahui saat di PPK," ungkapnya.

Penghitungan suara ulang ini dibenarkan Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Jombang Ja'far. Dia memastikan, kesalah penghitungan hanya pada suara DPR RI, DPRD Jatim dan DPRD Jombang. Sementara suara Pilpres dan DPD tak terdampak.


"Bukan soal di bimteknya. Karena salah persepsi. Surat suara dicoblos pada gambar partai dan caleg, partai dapat, caleg juga dapat," terangnya.

Penghitungan ulang di 23 TPS tersebut, tambah Ja'far, dilakukan dengan membuka kotak suara. Proses hitung ulang dipastikan selesai tak melebihi batas waktu rekapitulasi di tingkat PPK.

"Penghitungan di PPK sampai 4 Mei. Tanggal 7 kami penghitungan di tingkat KPU Kabupaten," tandasnya
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed