DetikNews
Selasa 23 April 2019, 13:28 WIB

Arumi dan Olga Lydia Terkesan dengan Kampung Literasi Sidoarjo

Suparno - detikNews
Arumi dan Olga Lydia Terkesan dengan Kampung Literasi Sidoarjo Arumi terkesan saat melihat perpustakaan mini/Foto: Suparno
Sidoarjo - Ketua Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin membuka Kampung Literasi Tapak Kalibendo. Arumi kagum melihat semangat masyarakat secara mandiri mendirikan perpustakaan di pinggir kali.

Acara di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, ini mantan pemain sinetron dan film itu didampingi model Olga Lydia. Tampak pula Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin serta tokoh literasi Sidoarjo.

"Melihat semangat ibu-ibu di Kampung Tebel, Kecamatan Gedangan Sidoarjo yang gemar membaca, bahkan mendirikan perpustakaan ini kami merasa kagum dan bangga," kata istri Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).


Arumi salut dengan langkah besar yang dibuat warga kampung tersebut. Ia senang ketika melihat ada perpustakaan mini di beberapa titik yang sewaktu-waktu bisa dibaca oleh warga sekitar.

Arumi, Olga dan Cak Nur di Kampung Literasi/Arumi, Olga dan Cak Nur di Kampung Literasi/ Foto: Suparno

"Ini sangat luar biasa di tiap-tiap lorong, bahkan di pinggir kali pun ada perpustakaan mini. Karena dengan modal membaca masyarakat itu menambah wawasan dan pengetahuan," tambah Arumi.

Sementara Wabup Nur Achmad mengatakan, Pemkab Sidoarjo akan mendorong semangat masyarakat yang peduli dengan literasi. Karena dengan keberadaan perpustakaan itu masyarakat tersebut akan memiliki wawasan yang lebih tinggi.


"Rencana ke depannya kampung seperti ini akan diterapkan di daerah lain. Dan Pemkab Sidoarjo akan mendukung kampung literasi seperti ini," kata Wabup yang akrab disapa Cak Nur.

Sedangkan Olga Lydia mengaku kampung literasi yang ada di Desa Tebel merupakan kampung yang sangat menyenangkan. Karena masyarakatnya sangat peduli dengan literasi.

"Saat datang pertama kali di kampung ini pada bulan lalu. Kami melihat sendiri semangatnya masyarakat membangun rumah buku atau tempat-tempat bacaan dengan biaya sendiri itu sudah sangat luar biasa. Apalagi melihat anak-anak yang sedang membaca buku di lokasi yang sederhana ini itu kebanggaan buat aku," pungkas Olga.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed