DetikNews
Senin 22 April 2019, 16:33 WIB

Petugas yang Evakuasi Penderita Gangguan Jiwa Hingga Tewas Bukan dari RSJ

Adhar Muttaqin - detikNews
Petugas yang Evakuasi Penderita Gangguan Jiwa Hingga Tewas Bukan dari RSJ Pemeriksaan orang dengan gangguan jiwa yang meninggal/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Empat orang yang membawa Iwan Guntoro, pasien gangguan jiwa asal Ngunut Tulungagung hingga tewas di perjalanan dipastikan bukan pegawai Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Malang. Kepastian ini disampaikan empat orang itu kepada kepala desa setempat.

"Saat rombongan yang dipimpin Gatot Kuswanto kembali dengan kondisi warga saya (Iwan Guntoro, pengidap gangguan jiwa) sudah meninggal dunia, saya langsung respek dan menahan mereka dan menanyakan siapa sebenarnya mereka," kata Kepala Desa Kaliwungu, Kecamatan Ngunut, Bambang Dwijanto, Senin (22/4/1019).

Dari situlah Gatot mengaku bukan pegawai RSJ Malang, namun dia mengaku merupakan pensiunan dari RSJ Lawang Malang dari bagian tata usaha.


Kades Bambang menambahkan pihak keluarga korban selama beberapa tahun memanfaatkan jasa Gatot dan kawan-kawannya untuk membantu menangani kondisi Iwan Guntoro pada saat kambuh dan sering mengamuk.

"Infonya di Malang itu Gatot buka praktik dan banyak juga yang berobat ke sana," ujar Bambang.

Iwan Guntoro warga Dusun Krajan, Desa Kaliwungu, Kecamatan Ngunut dilaporkan tewas saat dalam perjalanan ke Malang untuk pengobatan kejiwaan. Saat tewas kondisi korban dalam posisi diborgol kedua tangannya dan terikat kedua kakinya dengan seutas tali nilon.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed