DetikNews
Minggu 21 April 2019, 18:35 WIB

Aksi Kartini Offroader Geber Mobil Terjang Lereng Gunung Bromo

M Rofiq - detikNews
Aksi Kartini Offroader Geber Mobil Terjang Lereng Gunung Bromo Shinta Febrianti, Kartii offroader asal Banyuwangi (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Peringatan Hari Kartini dilakukan berbeda oleh Shinta Febrianti, Offroader perempuan asal Banyuwangi. Dara cantik ini, mengikuti ajang Offroad yang digelar di lintasan menantang kawasan lereng Gunung Bromo.

Meski harus melintasi trek berlumpur, namun perempuan cantik yang masih tak lepas dari make up nya itu, tetap memacu kendaraan tempurnya menaklukan segala rintangan berupa perbukitan dan hutan belantara setempat.

Di ajang event bertajuk 'Just Figthter Offroad 4 x 4' tersebut, Shinta menunggangi mobil Jimny long keluaran tahun 1985. Meksi harus melahap sekitar 18 rintangan, namun Shinta mampu menaklukkannya.

Rute Offroad dalam ajang kali ini sekitar 24 kilometer yang melintasi dua daerah yakni Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Di dua titik tersebut, peserta harus menaklukkan jalur perbukitan, kawasan hutan, dan mengarungi sungai.

"Kalau mengendarai mobilnya mudah, tapi yang bikin menantang namun asyik, yakni saat mengarungi lintasan sungai dengan bebatuan besar,"kata perempuan 26 tahun tersebut, Minggu (21/04/2019).

Shinta mengatakan rintangan yang membuat agak berdebar adalah saat menaiki bukit, dengan kemiringan hampir 90 derajat. Untuk menaklukkannya, diperlukan nyali besar.

"Hobi ini sudah sejak SMP saya tekuni, ya ayah saya yang mengenalkan awalnya," tukasnya.


Salah satu aksi ShintaSalah satu aksi Shinta Foto: M Rofiq


Ajang yang bertepatan dengan momen hari kartini itu pun, disambut bahagia dan merupakan kado spesial bagi dirinya selaku Offroader perempuan. Ia pun berharap, agar para kartini muda saat ini yang dikenal kaum milinial, terus menguatkan semangat kartini untuk kemajuan bangsa dan negara.

Erwin Kristianto, Ketua Panitia Just Figthter Offroad 4 x 4 mengatakan untuk peserta disediakan 2 lintasan Van dan Ekstrem sepanjang 26 kilometer, melintasi Hutan Purut di Lereng Gunung Bromo, untuk lintasan Estrem wajib diikuti perserta yang sudah terlatih dan memiliki skill tinggi.

"2 lintasan di ajang Offroad Just Figther Offroad 4x4 Adventur Probolinggo, Van untuk pemula, dan Ekstrem untuk para Offroader terlatih, diikuti 200 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur" ujar Erwin.

Sementara itu ajang Just Figthter Offroad 4 x 4 sendiri dimulai dari kawasan Wisata Bakau Resort Kota Probolinggo yang dilepas oleh Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Hadi mengatakan ada sekitar 221 peserta yang ikut dalam ajang Offroad di Probolinggo. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur.

Ajang tersebut, akan berlangsung selama dua hari dan para peserta akan dihadapkan dengan beragam rintangan yang menantang.

"Tentunya saya mendukung adanya kegiatan positif seperti ini, selain merupakan olah raga juga salah satu cara promosi wisata,"jelas Hadi.



Tonton video Kartini Day! Emak-emak di Kediri Touring Naik Vespa:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed