DetikNews
Minggu 21 April 2019, 12:19 WIB

Polwan Kartini Nyinden Hibur Petugas PPS dan PPK di Nganjuk

Sugeng Harianto - detikNews
Polwan Kartini Nyinden Hibur Petugas PPS dan PPK di Nganjuk Para polwan Kartini menghibur petugas pemilu (Foto: Sugeng Harianto)
Nganjuk - Di Nganjuk, Kartini hadir untuk menghibur para anggota PPS dan PPK. Kartini-kartini ini juga menghibur polisi dan TNI yang sedang berjaga mengawal rekapitulasi.

Para Kartini ini adalah polwan Polres Nganjuk yang berpakaian tradisional. Mereka mengajak para aparat dan petugas pemilu untuk sekadar bernyanyi dan bersinden melepaskan ketegangan di sela bertugas.

"Kami ingin menciptakan suasana agar tidak tegang dialami oleh panitia baik PPS dan PPK saat bertugas. Kami buatkan karaoke mini dan siapkan penyanyi sinden dari polwan yang punya bakat. Agar secara bergantian bisa melepas lelah. Dan utamanya agar tidak stres baik PPK maupun PPS yang melaksanakan tugas," kata Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta kepada wartawan di Kantor PPK Kecamatan Berbek Minggu (21/4/2019).


Dewa mengatakan pihaknya membuatkan desain panggung mini di seluruh kantor PPK Kecamatan di Nganjuk. Panggung mini karaoke yang pertama dibuat di PPK kantor kecamatan Tanjunganom mengingat jumlah suara paling banyak.

"Dari 20 kecamatan atau PPK, yang sudah selesai ada tiga kecamatan dan akan kita bawa ke gudang KPU. Sehingga masih ada 17 Kecamatan yang akan kita hibur dengan mini karaoke ini," tandasnya.

Diungkapkan Dewa, meski ada kegiatan hiburan pihaknya tetap berfokus dalam pengamanan dengan melibatkan ratusan personel bersenjata, baik Resmob, Raimas, serta unsur TNI dari Kodim 0810 Nganjuk.

"Semua itu dalam rangka menjamain keamanan unutk menyukseskan penghitungan di tingkat PPK. Kami menyiapkan personel yang On-Call 1X 24 jam di mako dan siap digerakkan kapan saja apabila terjadi gangguan di setiap PPK yang ada di Nganjuk," ungkap Dewa.


Pantauan detikcom, ada enam polwan yang didandani ala Kartini. Enam sinden dari polwan ini tampak bernyanyi dan menari di panggung mini yang di sediakan di setiap kantor PPK.

Kapolres Nganjuk menambahkan dalam peningkatan pengamanannya peralatan juga dipersiapkan di kantor KPU Nganjuk. Diantaranya mulai dari Mobil Water Canon, kendaraan raimas serta Security Barier dalam mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bersama Dandim 0810 Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Kapolres Nganjuk ikut memantau baik sidang pleno di PPK dan pengiriman kotak suara ke KPU. Ratusan personel bersenjata lengkap juga disebar di seluruh PPK yang ada di Nganjuk. Masing-masing PPK disiapkan 10 personel dengan bersenjata Laras panjang.

Dari data yang dihimpun detikcom, diketahui di Nganjuk terdapat 3.658 TPS tersebar di 284 desa/ kelurahan di 20 PPK dengan jumlah DPT 859.478. jumlah pemilih terbanyak di kantor PPK kecamatan Tanjunganom dengan jumlah suara 90.471.


Simak Juga Saat Onthelis Pria Rayakan Hari Kartini di Car Free Day:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed