detikNews
Sabtu 20 April 2019, 10:25 WIB

Tim Sukses Kedua Capres di Jember Gelar Deklarasi Damai Pascapemilu

Yakub Mulyono - detikNews
Tim Sukses Kedua Capres di Jember Gelar Deklarasi Damai Pascapemilu Tim sukses kedua paslon presiden gelar deklarasi damai (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Tim sukses kedua Capres-Cawapres di Jember melakukan deklarasi damai pasca pemilu. Mereka mengajak masyarakat untuk menjaga kondisi Jember tetap kondusif.

Timses kedua paslon ini juga sepakat tetap menunggu penghitungan dari KPU untuk mengetahui hasil perolehan suara Pilpres di Jember.

Kedua timses paslon ini bertemu di sebuah hotel di Jember, Jumat Malam (19/4/2019. Turut hadir dalam pertemuan itu Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0824 Jember Letkol Inf. Arif Munawar, Perwakilan KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat dan sejumlah petinnggi parpol di Jember.

Ketua Tim Kampanye Capres Cawapres 01 Jember Tabroni Adyuta mengatakan bahwa seluruh tokoh Partai Politik dan masyarakat, sebagian besar sudah saling kenal. Sehingga meski berbeda pilihan politik, namun ikatan emosional personal tetap terjaga.


"Sehingga sangat sulit terjadi chaos di lapangan. Semua sama-sama menginginkan situasi yang aman dan damai," ungkap Tabroni.

Sementara Ketua Tim Kampanye Paslon 02 Jember Ardi Pujo Prabowo, mengatakan bahwa pada prinsipnya pihaknya menghargai proses penghitungan KPU. Namun sebagai kontrol, pihaknya juga akan melakukan pengawalan dengan dasar form C1.

"Apapun hasilnya, itu merupakan takdir dari Allah. Kita harus hargai dan patuhi," pungkas Ardi.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya sengaja mengundang semua elemen masyarakat agar bisa bertemu dan bersilaturahmi pasca pemilu. Diharapkan dalam pertemuan itu bisa mencairkan suasana setelah dinamika cenderung naik ketika pemilu.

"Kita undang semua elemen masyarakat dalam acara deklarasi damai ini. Yakni dari Kodim 0824 Jember, Kejaksaan, tokoh masyarakat, tokoh ulama, KPU, Bawaslu, semua ketua partai, serta ketua tim pemenangan daerah dari pasangan 01 dan 02," ungkap Kusworo.

Selain itu, Kusworo juga meminta kepada masyarakat untuk bijak menggunakan Sosial Media (Sosmed). Jangan sampai membuat keruh suasana dengan pernyataan yang cenderung provokatif.

"Jangan membuat status ataupun komentar yang provokatif di Medsos. Mari kita bijak menggunakan Medsos, serta sama-sama ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkap Kusworo.


Meski sudah ada Quick Count yang memenangkan salah satu pasangan Capres Cawapres, Kusworo meminta agar para pendukung tidak berlebihan meluapkan kemenangan. "Hasil akhir adalah keputusan dari KPU. Mari kita sama-sama kawal hasil Pemilu ini," tegasnya.

Kusworo juga berterimakasih kepada semua pihak, karena pelaksanaan pemungutan suara di Jember berjalan aman, damai dan lancar. "Insyaallah, sampai semua tahapan akhir nanti, kondisinya akan berjalan lancar dan damai juga," pungkas Kusworo.

Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. Arief Munawar, mengaku juga siap menghadapi situasi apapun bersama Polri. "Yang jelas, tokoh masyarakat Jember ini memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang besar. Saya yakin, situasi kondusif akan selalu terjaga," kata Arief.

Terakhir acara tersebut dilakukan deklarasi damai yang diikuti seluruh undangan. Isi deklarasi itu adalah masyarakat Jember sepakat menunggu keputusan KPU dengan tertib, demi Jember yang aman, dan Indonesia yang kondusif.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com