DetikNews
Kamis 18 April 2019, 17:23 WIB

15 Surat Suara Tercoblos Ditemukan di TPS Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
15 Surat Suara Tercoblos Ditemukan di TPS Mojokerto 15 Surat suara yang ditemukan tercoblos (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Surat suara tercoblos sebelum digunakan oleh pemilih ditemukan di Kabupaten Mojokerto. Belasan surat suara tersebut mayoritas tercoblos pada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, coblosan yang lain ada di luar gambar paslon presiden.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fakhruddin Asy'at mengatakan, surat suara tercoblos sejauh ini baru ditemukan di satu Tempat Pemungutan Suara (TPS), yaitu di TPS 01, Desa Terusan, Kecamatan Gedeg. Jumlahnya mencapai 15 lembar. Menurut dia, seluruh surat suara yang tercoblos adalah untuk Pilpres.

"Sebagian besar sudah tercoblos nomor 01 (Pasangan Jokowi-Ma'ruf)," kata Aris kepada wartawan saat mendampingi kunjungan Bawaslu Jatim di kantor Bawaslu Kota Mojokerto, Jalan Bhayangkara, Kamis (18/4/2019).


Aris menjelaskan, adanya surat suara tercoblos awalnya ditemukan salah seorang pemilih di TPS 01 Desa Terusan. Menurut dia, saat akan mencoblos di bilik suara, si pemilih mendapati surat suara untuk Pilpres sudah tercoblos. Sehingga pemilih tersebut langsung melapor ke petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Saat dibawa ke bilik suara, ternyata kondisi surat suara tak sesuai alias sudah tercoblos. Akhirnya Pengawas TPS meminta KPPS untuk mengecek semua surat suara yang masih dibendel. Ketemu 14 surat suara lainnya," terangnya.

Karena belum digunakan oleh pemilih dan juga belum dimasukkan ke kotak suara, kata Aris, maka 15 surat suara tercoblos tersebut dimasukkan dalam surat suara rusak. Dia memastikan temuan surat suara tercoblos tak berdampak terhadap hasil pemungutan suara di TPS 01 Desa Terusan.


"Karena belum dicoblos oleh pemilih, akhirnya kami kategorikan sebagai surat suara yang rusak. Dimasukkan ke berita acara surat suara rusak," tegasnya.

Kendati begitu, Aris mengaku sedang mengivestigasi penyebab dan pelaku pencoblosan surat suara tersebut. "Masih kami investigasi ini faktor kesengajaan atau tidak," tandasnya.



Tonton KPU Catat 2.249 TPS Bermasalah di Pemilu 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed