DetikNews
Rabu 17 April 2019, 18:29 WIB

Bupati Anas: Kemenangan Versi Quick Count Bisa Dipercaya

Ardian Fanani - detikNews
Bupati Anas: Kemenangan Versi Quick Count Bisa Dipercaya Bupati Anas saat memasukan surat suara/Foto: Ardian Fanani
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut hasil Quick Count sementara Pilpres 2019. Menurutnya, kemenangan Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin bisa dipercaya.

Terkait hasil Quick Count yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf, Anas menilai hal itu sebagai pendekatan ilmiah dalam membingkai fenomena politik.

"Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, kemenangan versi quick count bisa dipercaya. Semoga ke depan tak ada lagi selisih paham yang membuat masyarakat terbelah. Tak ada 01, tak ada 02, yang ada Indonesia," ujar Anas kepada detikcom, Rabu (17/4 /2019).


Untuk suara di Banyuwangi, Anas meminta semua pihak menunggu hasil penghitungan. "Partai-partai memang ada yang merekap. Kita tunggu saja. Saya belum bisa komentar," ujarnya.

Anas bersyukur Pemilu berlangsung kondusif di Banyuwangi. Tidak ada kejadian yang mengganggu jalannya pesta demokrasi itu.

Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di TPS tempat Anas menggunakan hak pilihnya. Yakni di TPS 003, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur.


Berdasarkan Pantauan detikcom, Jokowi berhasil meraih 151 suara. Sementara Paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 50 suara. Total partisipasi pemilih sekitar 67 persen. Dengan komposisi tersebut, Jokowi berhasil menang hingga 75 persen, sedangkan Prabowo sekitar 25 persen.

[Gambas:Video 20detik]


Hasil penghitungan suara tersebut telah ditandatangani Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Yakni Ketua KPPS Sugito dan para anggota antara lain Ahmad Roziqi, Diajeng Nur Alfiana, Wagimin, Tukimin, Moh Safiudin dan Sutikno Hadi.

Setelah suara capres-cawapres, penghitungan dilanjutkan ke surat suara DPD RI, caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi dan caleg DPRD Kabupaten/Kota.

Hasil penghitungan tersebut nantinya dituangkan dalam berita acara pemungutan dan penghitungan suara ke dalam sertifikat hasil penghitungan suara pemilu (C1). Kemudian penghitungan dilanjutkan di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).


Simak Juga 'Sorak Sorai Pendukung Jokowi Melihat Hasil Quick Count':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/iwd)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed