DetikNews
Rabu 17 April 2019, 13:03 WIB

Bertema Barong Using, TPS Unik di Banyuwangi Ini Juga Suguhkan Kopi Gratis

Ardian Fanani - detikNews
Bertema Barong Using, TPS Unik di Banyuwangi Ini Juga Suguhkan Kopi Gratis Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Melestarikan tradisi sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya, sejumlah TPS dibuat unik dan menarik. Salah satunya di TPS 06 Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. TPS ini mengusung tema kesenian Barong Kemiren.

Seluruh anggota KPPS mengenakan kostum kesenian Barong khas Kemiren Banyuwangi. Bangunan TPS juga dihias layaknya panggung kesenian khas Banyuwangi itu, Rabu (17/4/2019).

"Kami mengangkat tema Barong karena kami ingin meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya untuk. Kami juga ingin mengurangi angka golput," kata Mega Ayu Imama Wati, Ketua KPPS TPS 06, Desa Kemiren.


Petugas KPPS mengenakan cerita Barong. Ada juga yang mengenakan kostum buto yang merupakan tokoh antagonis dalam kesenian Barong. Tidak hanya petugas KPPS, petugas Linmas juga turut mengenakan kostum kesenian Barong. Mereka mengenakan pakaian pitik-pitikan, salah satu tokoh yang ada dalam kesenian barong.

"Kampung kami sudah terkenal dengan adat dan budayanya (Barong). Kami ingin lestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Desa kami. Sekaligus melestarikan dan menanamkan nilai-nilai budaya kepada masyarakat," jelasnya.

Mega mengaku upaya yang dilakukan dengan berdandan ala Barong ini rupanya membuahkan hasil. Terbukti, sejak siang ini, 90 persen pemilih menyalurkan suaranya di TPS 06.


"Alhamdulillah saat ini sudah 90 persen. Mudah-mudahan mendekati 100 persen," tambahnya.

Sementara itu, Mastuki, warga sekitar memgaku tertarik dengan TPS ini. Karena Barong merupakan ciri khas masyarakat Kemiren. Akhirnya Mastuki mengajak anak-anaknya untuk datang ke TPS. Mereka terhibur dengan petugas yang berkostum Barong.

"Saya membawa anak-anak ke TPS dan anak-anak saya senang. Di sini juga si berikan minuman kopi gratis," katanya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed