DetikNews
Rabu 17 April 2019, 12:09 WIB

TPS Bertema Taman Kanak-kanak di Pasuruan Sukses Menarik Pemilih

Muhajir Arifin - detikNews
TPS Bertema Taman Kanak-kanak di Pasuruan Sukses Menarik Pemilih Petugas TPS berbaju anak TK/Foto: Muhajir Arifin
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Pasuruan - Berbagai cara dilakukan penyelenggara pemilu untuk menarik minat pemilih. Salah satunya membuat TPS bertema Taman Kanak-Kanak (TK).

Selain seluruh properti yang didesain bak gedung TK, semua petugas di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10, Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan ini juga memakai kostum seolah seragam anak TK.

Kostum yang dipakai berwarna biru langit kombinasi putih. Agar benar-benar identik dengan siswa TK, para petugas pria memakai celana pendek, sedangkan petugas perempuan mengenakan bawahan panjang.

Para petugas benar-benar totalitas dalam mempersiapkan TPS berkonsep TK. Buktinya, semua petugas juga menikmati permen layaknya anak-anak selama bertugas.

TPS bertema TK ini sangat efektif menarik pemilih. Sejak pagi hari, bahkan saat petugas masih mempersiapkan segala keperluan pemungutan suara, belasan warga sudah antre untuk menggunakan hak pilih.

TPS unik di Pasuruan/TPS unik di Pasuruan/ Foto: Muhajir Arifin

Calon pemilih juga tampak menikmati "pertunjukan" yang ditampilkan petugas. Tingkah kocak para petugas juga berhasil menghadirkan kegembiraan dan tawa bagi warga yang menunggu giliran memilih.

"Kami sengaja menghadirkan konsep ini selain untuk menarik minat pemilih, juga ingin mengadirkan kegembiraan bagi warga. Pemilu ini kan pesta demokrasi, jadi harus gembira," kata Khoiron, Ketua KPPS TPS 10, Rabu (17/4/2019).

Lebih dari itu, Khoiron mengatakan pihaknya ingin memberikan pesan bawa penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPPS netral.

"Pesan yang ingin kami sampaikan bawa kami netral. Seperti anak-anak TK kan nggak tahu politik, maksudnya nggak berpihak. Anak kecil juga jujur," terangnya.

DPT di TPS 10 sebanyak 155. Khoiron yakin, pastisipasi pemilih di TPS tersebut bisa mencapai lebih 95 persen. "Harapannya 100 persen," pungkasnya.



Tonton video Antusias Milenial Nyoblos di TPS Ditemani Pocong:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed