DetikNews
Selasa 16 April 2019, 16:22 WIB

Persiapan Pemilu, Gubernur Jatim Konsolidasi Kemungkinan Ada Sengketa

Erliana Riady - detikNews
Persiapan Pemilu, Gubernur Jatim Konsolidasi Kemungkinan Ada Sengketa Gubernur khofifah/Foto: Erliana Riady
Blitar - Pemprov Jatim monitoring persiapan Pemilu serentak ke Blitar. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, monitoring ini untuk mengkonsolidasikan kembali kemungkinan dispute (sengketa politik) pascapemilu terjadi.

Didampingi Kapolda, Pangdam V Brawijaya, Ketua KPU dan Bawaslu Jatim, acara monitoring dipusatkan di Pendopo Ronggohadinegoro Kota Blitar, Selasa (16/4/2019).

Setelah mendengarkan pemaparan Ketua KPU kota dan kabupaten serta persiapan Pemda Kabupaten maupun Kota Blitar, Khofifah meminta semua penyelenggara pemilu intens berkoordinasi dan berkomunikasi.

"Kami forkopimda turun langsung untuk monitoring kesiapan dan kesiagaan pilpres maupun pileg. Semua kemungkinan yang menghasilkan dispute hari ini kita konsolidasikan kembali. Agar komunikasi lebih sistemik dan quick respon bisa kita lakukan," kata Khofifah di depan undangan yang hadir.


Beberapa potensi dispute itu menurut Khofifah menyangkut distribusi logistik, time frame pukul 13.00 wib yang viral menginformasikan jika TPS tutup dan daftar pemilih. Padahal, jika warga telah memegang C7 dan sampai di TPS harus tetap diberi kesempatan mencoblos.

"Helpdesk KPU dan Bawaslu daerah harus nyambung dengan propinsi. Helpdesk pemilih daerah dengan propinsi harus nyambung. Terutama soal logistik dan jumlah pemilih," imbuhnya.

Sementara terkait pengamanan pemilu, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan, wilayah Blitar terpantau kondusif.

"Kalau Blitar terpantau kondusif ya. Tapi tetap saya minta meningkatkan kewaspadaan, karena kita tidak tahu kalau ada perubahan-perubahan," pungkasnya sambil berjalan meninggalkan wartawan.


Simak Juga 'Ini Perbedaan Pemilu 2014 dan Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed