DetikNews
Senin 15 April 2019, 17:09 WIB

Penertiban APK di Banyuwangi Diwarnai Penyekapan Petugas

Ardian Fanani - detikNews
Penertiban APK di Banyuwangi Diwarnai Penyekapan Petugas Penertiban APK di Banyuwangi/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di Kecamatan Muncar Banyuwangi diwarnai penyekapan petugas. Petugas Panwaslu Muncar sempat disekap saat melakukan penertiban baliho salah satu partai pendukung capres-cawapres.

Aksi penyekapan itu terjadi Minggu (14/4). Enam orang pengawas TPS yang melakukan penertiban Baliho di Desa Tembokrejo sempat dibawa masuk ke dalam gudang. Yang ternyata merupakan posko dari salah satu partai itu.

"Kejadian kemarin Minggu. Saat kita lakukan penertiban di Tembokrejo. Ada beberapa orang yang disekap. Ada AJ dan MLA. Sisanya ada beberapa saya lupa namanya," kata Komisioner Panwascam Muncar Aris Umartadi kepada detikcom, Senin (15/4/2019).


Penyekapan berlangsung sekira 30 menit. Sebelumnya 6 pengawas itu melakukan pembersihan APK. Namun kemudian beberapa orang yang mengatasnamakan relawan partai itu datang dan langsung menyeret beberapa orang ke dalam gudang yang mereka klaim sebagai posko.

Para petugas TPS itu sempat diperlakukan kurang berkenan oleh beberapa orang yang mengaku relawan dan simpatisan partai tersebut.

"Pengakuan beberapa orang petugas TPS mereka diintimidasi dan sempat ada kontak fisik," imbuhnya.


Atas tindakan itu, pihaknya kemudian mendatangi lokasi bersama dengan aparat setempat. Sempat terjadi adu argumen dan menjurus ke kontak fisik. Beruntung aparat kepolisian sigap melerai pertikaian itu.

"Saya datang bersama polisi juga sempat kontak fisik," pungkasnya.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed