DetikNews
Senin 15 April 2019, 16:15 WIB

Begini Kondisi Kotak Suara Kardus yang Rusak Terkena Air Hujan

Adhar Muttaqin - detikNews
Begini Kondisi Kotak Suara Kardus yang Rusak Terkena Air Hujan Surat suara terkena air hujan/Foto: Istimewa
Trenggalek - Penggunaan kotak suara kardus sempat menjadi perdebatan pada tahap awal Pemilu 2019 terkait dengan kekuatan dan keamanan. Lantas bagaimana bila terkena air ?

Kerusakan kotak suara berbahan kardus ternyata benar-benar terjadi di Kecamatan Kampak Trenggalek. 9 Kotak surat suara terpaksa harus diganti dengan yang baru karena rusak akibat terkena hujan saat proses distribusi dari gudang ke kantor kecamatan.

"Kerusakannya kalau yang parah itu di bagian landasan atau bawah, sehingga kardus menjadi 'momploh' dan kabel tis pengaitnya putus dan tidak bisa digunakan," kata ketua PPK Kampak, Abu, Senin (15/4/2019).


Bahkan untuk yang parah, bila nekat diangkat akan jebol. Kondisi itulah yang kemudian memaksa PPK harus meminta penggantian dengan kotak suara baru, sebab kotak yang lama tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Surat suara terkena air hujan/Surat suara terkena air hujan/ Foto: Istimewa

Beruntung sejumlah logistik berupa surat suara yang ada di dalam kotak telah dibungkus plastik. Sehingga tidak sampai mengalami kerusakan seperti kardusnya. Dari 48 kardus surat suara yang terkena air hujan saat proses distribusi, hanya 9 yang rusak parah, sedangkan sisanya masih layak untuk digunakan.

"Semua yang rusak sudah diganti, hari ini tadi kami mulai lakukan distribusi dari kecamatan ke masing-masing PPS di tiap desa," jelas Abu.

Untuk menghindari kejadian serupa, pihaknya melakukan antisipasi dengan menutup kendaraan pengangkut kotak suara dengan plastik terpal, selain itu pihaknya juga memperhatikan kondisi cuaca di sekitarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed