DetikNews
Minggu 14 April 2019, 16:42 WIB

Bawaslu dan Satpol PP Banyuwangi Copoti Alat Peraga Kampanye

Ardian Fanani - detikNews
Bawaslu dan Satpol PP Banyuwangi Copoti Alat Peraga Kampanye Alat Peraga Kampanye dicopoti/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Bawaslu Banyuwangi bersama Satpol PP melakukan aksi bersih-bersih alat peraga kampanye (APK), di masa tenang. Pencopotan APK milik peserta pemilu digelar hari ini, Minggu (14/4/2019).

Penertiban diawali dengan menyasar APK berukuran besar milik caleg maupun capres yang selama ini terpasang di ruas jalan protokol Kota Banyuwangi. Untuk mempercepat proses pembersihan APK yang sulit dijangkau, petugas gabungan menerjunkan satu unit crane milik Dinas Perhubungan.

Komisioner Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid menegaskan, pembersihan APK dilakukan secara serantak mulai pukul 00.01 WIB dini hari tadi. Bahkan hingga Minggu siang penertiban juga masih berlangsung.

Selain itu, petugas Panwascam bersama Satpol PP masing-masing kecamatan juga melakukan hal serupa. Target pembersihan APK selesai hari ini. Apabila belum tuntas penertiban akan dilanjutkan hingga tiga hari kedepan.


[Gambas:Video 20detik]


"Target kami APK hari ini harus bersih, tapi kalau belum selesai kami lanjutkan besok sampai 3 hari ke depan jelang coblosan," ucap Hasyim Wahid.

Hasyim menambahkan, di samping menertibkan APK, Bawaslu juga membentuk tim khusus untuk memantau potensi kerawanan politik uang dan akun media sosial peserta pemilu.

"Akun resmi milik tim sukses capres dan cawapres pasti kita awasi. Memasuki masa tenang tidak boleh ada satupun APK peserta pemilu yang terpasang baik di jalan, di tempat-tempat tertentu maupun di media sosial," pungkas Hasyim.



Tonton video 5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed