detikNews
Minggu 14 April 2019, 13:05 WIB

Cara Polda Jatim Turunkan Tensi di Minggu Tenang Kampanye

Hilda Meilisa - detikNews
Cara Polda Jatim Turunkan Tensi di Minggu Tenang Kampanye Kapolda Jatim bersama peserta lomba/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Polda Jatim memiliki cara khusus untuk menurunkan tensi panas di minggu tenang Pemilu 2019. Salah satunya menggelar lomba burung berkicau hingga mengerahkan seluruh personel di polres jajaran untuk berpatroli.

Pada lomba burung berkicau, Luki mengatakan ada 2.000 peserta yang hadir. Para peserta ini pun berasal dari seluruh Jatim hingga luar Pulau Jawa. Dia ingin ajang ini bisa menjadi cooling system menjelang Pemilu 2019.

"Ini lomba burung, kenapa kami laksanakan pas di hari pertama minggu tenang di akhir kampanye. Memang ini kami mengambil momen ini untuk memberi hiburan kepada masyarakat Jawa Timur. Alhamdulillah ada 2.000 yang mendaftar bahkan ini dari luar pulau Jawa juga banyak juga," kata Luki di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (14/4/2019).


Usai membuka lomba burung berkicau Kapolda Cup, Luki pun langsung bergeser ke beberapa wilayah di Jatim. Hal ini untuk mengecek persiapan para personel dalam melakukan pengamanan Pemilu nanti.

"Kami hari ini dalam minggu tenang hari pertama saya akan melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten, saya akan ke Situbondo, Bondowoso dan Jember dan tim Karo ops di wilayah Madura," ucap Luki.

Kapolda Jatim bersama peserta lomba/Kapolda Jatim bersama peserta lomba/ Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Kami akan melakukan pengecekan kepada seluruh pasukan, juga menerjunkan seluruh pasukan-pasukan yang sebagian sudah tergelar," lanjutnya.


[Gambas:Video 20detik]


Selain itu, Luki juga memerintahkan seluruh jajaran Polres untuk menggelar patroli serentak hari ini. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Untuk patroli bersama ini serentak. Kami perintahkan bersama tadi malam, jadi seluruh Jawa Timur polres-polres dengan melibatkan TNI dan masyarakat untuk memberikan rasa aman rasa nyaman kepada masyarakat," imbuh Luki.

Di kesempatan yang sama, Luki berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan hak suaranya dengan baik. Luki menegaskan pihaknya akan menjamin keamanan sejak warga berangkat ke TPS hingga pulang kembali ke rumah.

"Saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk tanggal 17 datanglah ke TPS gunakan hak pilihnya. Kami TNI dan Polri akan melakukan pengamanan. Mudah-mudahan masyarakat menggunakan hak pilihnya secara keseluruhan," pesan Luki.


Tonton juga video 5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com