DetikNews
Kamis 11 April 2019, 20:03 WIB

Gudang Penggilingan Padi Terbakar, 10 Ton Gabah Kering Jadi Abu

Muhajir Arifin - detikNews
Gudang Penggilingan Padi Terbakar, 10 Ton Gabah Kering Jadi Abu Petugas PMK berusaha memadamkan api (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Sebuah gudang penggilingan padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, terbakar. Kebakaran menghabiskan sebagian bangunan, mesin dan berton-ton gabah siap giling.

Kebakaran terjadi saat para pekerja sibuk melakukan aktivitasnya. Tiba-tiba, muncul percikan api yang bersumber dari dalam gudang. Percikan api itu berasal dari dinamo pompa air yang sempat menyala.

Api dengan cepat membesar dan menjalar ke seluruh bagian gudang. Semua pekerja panik. Sebagian mematikan mesin, sebagian berusaha memadamkan api.


Warga kemudian memanggil unit pemadam kebakaran. Upaya pemadaman berlangsung selama 1,5 jam.

Saat api berhasil dipadamkan, hampir seluruh bangunan hangus. Mesin giling juga terbakar dan gabah kering sebanyak 10 ton yang sedianya akan digiling jadi abu.

"Pekerja sudah berusaha untuk memadamkan api. Namun, api sulit dipadamkan. Bahkan terus membesar," kata pemilik gudang Nawaf Rudianto (60), Kamis (11/4/2019).


Nawaf mengatakan kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta.

Berdasarkan penyelidikan, polisi menduga kebakaran terjadi karena korsleting pada pompa air.

"Dugaan sementara pemicunya korsleting pada dinamo pompa air. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 500 juta," kata Kanit Reskrim Polsek Rembang Aiptu Nidhom.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed