detikNews
Kamis 11 April 2019, 14:41 WIB

Tubuh Balita di Mojokerto Kaku Mirip Boneka karena Ada Kerusakan Otak

Enggran Eko Budianto - detikNews
Tubuh Balita di Mojokerto Kaku Mirip Boneka karena Ada Kerusakan Otak Fajar dirawat di RSUD RA Basuni Mojokerto/Foto: Istimewa
Mojokerto - Tubuh Ahmad Fajar sangat kurus karena mengalami gizi buruk. Tak hanya itu, balita 4 tahun ini ternyata menderita kerusakan pada otak (Cerebral Palsy). Kelainan tersebut yang mengakibatkan tubuh Fajar kaku seperti boneka.

"Balita Fajar didiagnosa mengidap Cerebral Palsy, yaitu kelumpuhan atau kerusakan otak yang dibawa dia sejak lahir," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Susi Dwiharini saat dihubungi detikcom, Kamis (11/4/2019).

Susi menuturkan, kerusakan otak itu terjadi saat Fajar masih di dalam kandungan. Menurut dia, diduga sang ibu mengalami infeksi penyakit tertentu saat mengandung Fajar.

"Penyakit ini terjadi karena ada infeksi yang diderita oleh ibu ketika dia mengandung," ujarnya.


Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Mojokerto dr Langit Kresna Janitra menjelaskan, kerusakan otak yang dialami Fajar bisa juga akibat keracunan air ketuban saat proses kelahiran.

"Cerebral Palsy yang menyebabkan dia mengalami kelumpuhan, tubuhnya kaku," terangnya.

Kelainan yang dialami Fajar, lanjut dr Langit, memerlukan penanganan khusus. Oleh sebab itu, balita asal Dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Mojokerto, itu akan dirujuk ke RSU dr Soetomo, Surabaya

"Pembiayaan ditanggung Pemkab Mojokerto dan Pemprov Jatim. Karena butuh penanganan khusus," ungkapnya.


Nantinya, tambah dia, Fajar akan menjalani operasi dan pengobatan untuk mengatasi Cerebral Palsy. Selain itu, fisioterapi dan terapi wicara akan diberikan kepada Fajar untuk memulihkan kondisi fisiknya.

"Nutrisinya juga diperbaiki karena dia mengalami gizi buruk. Masih ada harapan untuk sembuh," tandasnya.

Tubuh Fajar mendadak kaku seperti boneka sejak ibunya meninggal tahun 2016 lalu. Tak hanya itu, balita 4 tahun ini semakin kurus hingga nyaris tinggal tulang dan kulit akibat mengalami gizi buruk.

Di usianya yang sudah 4 tahun, berat badan Fajar hanya 5,5 KG. Kini dia dirawat di RSUD RA Basuni, Gedeg, Mojokerto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com