DetikNews
Rabu 10 April 2019, 21:41 WIB

Viral Poster Ajakan Nonton ke Malang, Bonek Diimbau Tak Terprovokasi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Viral Poster Ajakan Nonton ke Malang, Bonek Diimbau Tak Terprovokasi Poster ajakan Bonek nonton ke Malang yang dinilai hoaks/Foto: Istimewa
Surabaya - Poster ajakan fans Persebaya, Bonek Mania untuk menonton langsung laga leg kedua Final Piala Presiden 2019 beredar di media sosial. Bonek diimbau untuk tidak terprovokasi.

Seperti yang disampaikan salah satu pentolan Bonek Tessy. Menurutnya poster tersebut merupakan hoaks yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Saya sudah menghimbau ke anak-anak lewat dunia maya untuk tidak berangkat ke sana," kata Tessy kepada detikcom di Surabaya, Rabu (10/4/2019).

Sebagai gantinya, Tessy mengaku para Bonek akan menggelar berbagai acara nonton bareng. Selain itu, dalam acara nobar juga akan diadakan doa bersama untuk bonek yang meninggal kemarin.


"Besok kita akan mengadakan nobar dan doa bersama buat temen-temen bonek yang meninggal kemarin," tambah Tessy.

Sementara saat ditanya di mana nobar tersebut digelar, Tessy mengatakan masih belum tahu. Dia masih menunggu konfirmasi apakah di Mapolrestabes akan digelar nobar. Jika tidak, nobar akan dihelat di Warung Pitulikur.

"Ini kita masih menunggu apa di Warung Pitulikur apa di Mapolrestabes. Tapi kita ndak ada imbauan untuk berangkat ke sana, ndak ada," tegasnya.

Senada dengan Tessy, salah satu pentolan Bonita Ita Siti Nasyi'ah mengimbau para Bonek untuk tidak terprovokasi. Iya percaya Bonek merupakan suporter yang cinta damai. Untuk itu, Ita menyarankan Bonek tidak ke Malang dan cukup menonton di layar kaca saja.


"Cukuplah sudah korban jatuh. Saatnya suporter berbenah dan makin dewasa. Sebaiknya kita jadi Bonek layar kaca. Melihat laga melalui televisi. Sebab antar suporter sejati bersaudara," kata Ita kepada detikcom.

Ita juga yakin Bonek akan tertib. Dia pun berharap tak ada lagi Bharatayudha atau pihak tak bertanggung jawab yang mengadu domba sesama suporter. Karena hal ini akan berakibat fatal.

"Jangan lagi ada Bharatayudha di antara suporter. Sebab, jika aparat melarang pertandingan, kita para suporter yang rugi sendiri. Sebab bola satu-satunya hiburan merakyat yang murah dan meriah," imbuh Ita.

Tak hanya itu, salah satu Bonek Alfan Febri Pratama menambahkan poster tersebut tak akan memprovokasi Bonek. Dia percaya para Bonek cukup pintar dan tak mudah terpengaruh.


"Kalau Bonek beneran ya ndak akan pergi ke sana, menurut ku Bonek sekarang pinter dan ndak gampang terprovokasi," kata Alfan.

Poster berwarna hijau itu bertajuk Bonek Tour Malang Satu Komando. Isinya, seruan pada Bonek untuk pergi ke Malang bersama-sama.

Sementara jika ingin pergi bersama, dalam poster tersebut ditulis para Bonek bisa berkumpul di Gelora 10 Nopember, Mall Cito hingga Alun-alun Sidoarjo. Selain itu, para Bonek diharuskan membawa atribut lengkap dan kendaraan sendiri.

Persebaya akan bertandang ke Malang untuk melakoni laga leg kedua final Piala Presiden 2019. Laga melawan Arema FC tersebut akan digelar di Stadion Kanjuruhan Malang pada Jumat (12/4).
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed