DetikNews
Rabu 10 April 2019, 13:27 WIB

Kasus Pemerkosaan Anak Meningkat di Bondowoso, Ini Upaya Pencegahannya

Chuk S. Widarsha - detikNews
Kasus Pemerkosaan Anak Meningkat di Bondowoso, Ini Upaya Pencegahannya Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Tujuh kasus pemerkosaan gadis di bawah umur terjadi dalam kurun tiga bulan terakhir di Bondowoso. Padahal, Bondowoso sudah mencanangkan diri sebagai kabupaten layak anak.

Kejadian beruntun tersebut tentu saja menyentak Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Bondowoso.

"Harus kami akui, kasus kekerasan seksual pada anak di bawah umur memang ada kecenderungan meningkat akhir-akhir ini," kata Ketua P2TP2A Bondowoso Apipudin Mustopa saat ditemui detikcomm di kantornya, Jalan KH Asyari, Rabu (10/4/2019).


Oleh sebab itu, terang Apipudin, pihaknya akan segera menggandeng tokoh masyarakat maupun para tokoh agama untuk melakukan pembinaan pada masyarakat. Termasuk semua pemangku kepentingan terkait yang lain.

"Kami juga akan melibatkan kader militan dari penyuluh KB. Mereka akan turun langsung secara door to door ke warga, terutama di kawasan terpencil yang memang rawan," terang Apipudin.

Untuk menyosialisasikan pemahaman perlindungan anak, P2TP2A rencananya akan merangkul relawan. Para relawan yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) anggotanya memang didominasi kalangan remaja.


Dengan begitu, upaya tersebut dapat menyentuh langsung kalangan remaja dan anak. Sementara P2TP2A akan menyasar para orang tua dan memberi pemahaman tentang pentingnya ketahanan keluarga.

Kejadian di Bondowoso ini bisa disebut 'Darurat Kekerasan Seksual Anak di Bawah Umur'. Sebab, dalam kurun dua bulan terakhir, ada 7 kasus kekerasan seksual pada anak di bawah umur.

Hal itu juga diakui polisi dan kalangan aktivis pemberdayaan perempuan dan anak di kabupaten yang sudah mencanangkan sebagai Kabupaten Layak Anak tersebut.

"Melihat kecenderungannya, Bondowoso bisa dibilang dalam kondisi darurat kekerasan seksual pada anak," ungkap Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Jamal.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed