DetikNews
Selasa 09 April 2019, 13:59 WIB

Ini Pesan Khusus Risma untuk Persebaya dan Bonek

Amir Baihaqi - detikNews
Ini Pesan Khusus Risma untuk Persebaya dan Bonek Risma saat di GBT (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Pertandingan leg I final Piala Presiden 2019 antara Persebaya dan Arema FC mendapat perhatian Wali kota Surabaya Tri Rismaharini. Khusus pada pertandingan leg I pertama yang digelar di Gelora Bung Tomo (GBT) ia mempunyai pesan khusus kepada dan bonek jika tim kebanggaannya menang atau kalah.

"Katanya, kekalahan itu adalah kemenangan yang tertunda. Tapi saya ya berdoa supaya Persebaya menang," kata Risma kepada detikcom, Selasa (9/4/2019).

Sedangkan untuk rivalitas antara bonek dan aremania, wali kota perempuan itu menyebut rivalitas antar klub maupun suporter memang wajar. Namun sportivitas harus tetap dijunjung tinggi. Karena tidak akan menjurus pada perpecahan dan jika itu terjadi maka itu sangat merugikan kedua belah klub bahkan bangsa.


"Ingat, Arema memang selama ini seakan-akan musuh untuk bonek, tapi ingat semua, bahwa itulah yang dicari di luar sana, di luar negeri sana, ingin kita semua terpecah belah, karena dengan terpecah belah, maka mereka akan mudah sekali masuk ke negara kita," terang Risma.

"Mereka akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan kita melalui perekonomian karena kita bermusuhan terus. Jadi ayo kita jaga sportivitas kita bahwa kita bersaudara, tidak perlu dilanjut lagi permusahan itu karena tidak ada gunanya, coba renungkan apa gunanya," lanjutnya.

Dikatakan Risma, sejak menjadi Wali Kota Surabaya tahun 2010 hingga saat ini, sudah berkali-kali menangani pertempuran Persebaya dengan Arema dan sudah banyak korbannya. Oleh karena itu, ia berharap pertandingan leg 1 Final Piala Presiden hari ini tidak ada lagi korban dan pertengkaran, terlebih dia sudah menyiapkan pertandingan itu dengan sebaik-baiknya.

"Sejak saya jadi Wali Kota Surabaya, beberapa kali korbannya, apa kita masih kurang? satu itu besar sekali bagi keluarganya, saya tidak mau besok ada korban dan pertengkaran karena saya mencoba menyiapkan yang terbaik untuk pertandingan hari ini," ujarnya.


"Orang tua kita dan saudara serta anak istri masih butuh kalian semua, jadi tidak ada gunanya seolah-olah ini pertempuran penghabisan, saya berharap sekali lagi kita ingat masa depan kita masih panjang," imbuhnya.

Di samping itu, Risma juga mengajak kepada Bonek untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang ada di GBT. Sebab, stadion dan fasilitas itu dibangun dari uang rakyat.

"Yang bangun ini uang kita semuanya, jadi kalau kita merusak fasilitas ini, berarti kita sama saja membuang uang kita, sayang sekali kan, mending uangnya dibangun untuk perekonomian seperti kalian berusaha, membangun fasilitas sekolah dan bangun jalan dan gorong-gorong supaya Surabaya tidak banjir. Jadi, ayo sama-sama menjaga fasilitas GBT ini," pungkasnya.


Simak Juga "3.500 Polisi Siap Kawal Final Piala Presiden Persebaya Vs Arema":

[Gambas:Video 20detik]

Ini Pesan Khusus Risma untuk Persebaya dan Bonek

(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed