detikNews
Selasa 09 April 2019, 12:11 WIB

Naik Turunnya Harga Sembako di Pasar Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Naik Turunnya Harga Sembako di Pasar Lamongan Pedagang di Pasar Sidoharjo/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Musim hujan yang masih berlangsung membuat sejumlah harga kebutuhan pokok di Lamongan mengalami kenaikan. Meski begitu ada juga sejumlah kebutuhan pokok malah mengalami penurunan.

Dari pantauan di Pasar Sidoharjo Lamongan, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan tersebut di antaranya bawang merah, bawang putih dan cabai keriting.

Di pasar terbesar di Lamongan ini, cabai keriting yang sebelumnya Rp 15 ribu/kg naik sebesar Rp 3 ribu menjadi Rp 18 ribu/kg. Sementara bawang merah dan bawang putih sama-sama naik Rp 5 ribu dari semula seharga Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu/kg.

"Sudah sejak beberapa hari ini mengalami kenaikan," kata salah seorang pedagang di Pasar Sidoharjo, Wiwik saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (9/4/2019).

Harga kebutuhan lainnya yang mengalami kenaikan adalah sayuran. Meski tak signifikan, kenaikan harga untuk sayuran naik sekitar Rp 1-Rp 2 ribu. Kentang, semula Rp 12 ribu menjadi Rp 14 ribu/kg dan wortel yang sebelumnya Rp 8 ribu naik menjadi Rp 10 ribu/kg atau naik sebesar Rp 2 ribu.


"Kenaikan bukan karena apa-apa, tapi karena memang cuaca sedang tidak bersahabat," katanya.

Meski ada kenaikan harga, sejumlah bahan pokok lain cenderung stabil. Harga bahan pokok yang stabil tersebut di antaranya beras, daging sapi dan daging ayam. Beras bengawan masih stabil di harga Rp 13 ribu/kg, beras mentik Rp 12 ribu/kg, beras 64 kualitas super Rp 11 ribu/kg, kualitas Premium Rp 10 ribu dan kualitas Medium Rp 9 ribu/kg.

Harga daging juga masih stabil, daging sapi murni masih tetap Rp 100 ribu/kg, daging ayam boiler Rp 34 ribu/kg serta ayam kampung Rp 40 ribu/kg. "Kalau daging ayam masih stabil mas harganya, yang mengalami penurunan hanya telur ayam ras, yang turun seribu," jelas Khusnul Khotimah.

Sementara Kepala Disperindag Lamongan, Muhammad Zamroni mengungkapkan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini tidak ada hubungannya dengan Pemilu 2019. Zamroni menyebut, kenaikan harga ini lebih karena cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Bukan karena jelang pemilu, tapi lebih karena cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa hari terakhir," ungkapnya.


Zamroni menjamin jika kenaikan harga sejumlah kebutuhan ini tidak akan naik secara signifikan. Pasalnya, stok kebutuhan di Lamongan hingga kini masih mencukupi.

Meski harga bahan pokok di Lamongan mengalami pergerakan yang bervariasi, namun Zamroni mengatakan perubahan harga tidak akan terjadi secara drastis. Sebab ketersediaan barang masih aman.

"Stok kebutuhan pokok, termasuk beras dan sembako lainnya di Lamongan masih mencukupi dan distribusi juga masih lancar," jamin Zamroni.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed