Bonek Tak Bertiket Diimbau Nonton di TV Saja, Ini Alasannya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 09 Apr 2019 11:55 WIB
Bonek dan Bonita saat bernyanyi di stadion/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Bonek yang tidak memiliki tiket diimbau tidak datang ke stadion untuk menonton final Piala Presiden 2019. Itu karena panitia pertandingan tidak menyiapkan layar lebar (giant screen) di luar stadion untuk menonton bareng.

Persebaya Surabaya akan melakoni laga leg pertama babak final Piala Presiden 2019. Laga melawan Arema FC itu akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (9/4) pukul 15.30 WIB.

Laga tersebut diyakini akan disambut antusias puluhan ribu suporter setia Tim Bajul Ijo yang kerap disebut Bonek dan Bonita. Tidak hanya karena sebagai partai puncak, tapi derby Jatim itu juga kerap disebut sebagai laga klasik.


Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Pelaksana Persebaya Surabaya Wisnu Sakti Buana mengimbau segenap Bonek yang tidak memiliki tiket untuk tidak datang ke stadion. Terlebih karena laga final tersebut akan disiarkan secara langsung.

"Ya imbauan kita sebagai dari panpel. Kita harapkan suporter yang tidak memiliki tiket jangan paksakan ke stadion. Kita dukung Persebaya lebih tertib, jadi ketika tidak punya tiket bisa nonton di televisi karena disiarkan langsung," kata Wisnu kepada media usai konferensi pers di Jalan Walikota Mustajab, Senin (8/4).

Menurut Wisnu, Bonek yang hadir di stadion dengan yang menonton di televisi sama-sama bisa mendoakan Persebaya. Mendoakan agar skuad berjuluk Green Force bisa meraih kemenangan sebagai modal awal menjadi jawara.

"Kita doakan bareng-bareng Persebaya," imbuh Wisnu.


Selain masalah keamanan, Wisnu juga memiliki alasan lain mengapa imbauan itu dikeluarkan. Ia menyayangkan para Bonek yang tidak memiliki tiket datang ke stadion karena panitia tidak menyediakan layar lebar di luar tribun stadion.

"Jangan paksakan ke stadion nanti malah tidak bisa lihat pertandingan. Karena kita tidak gelar layar lebar di sana. Biar tidak jadi kerumunan di luar stadion nanti kasihan juga pengamanannya," tambahnya.

Terakhir Wisnu mengajak segenap Bonek untuk menjaga ketertiban. "Kita tunjukkan juga kita ingin Persebaya jadi contoh dan barometer persepakbolaan nasional, untuk suporternya bisa tertib," pungkas Wisnu. (sun/iwd)