detikNews
Senin 08 April 2019, 21:59 WIB

Pengacara Vanessa Angel dan Muncikari Minta Polisi Buktikan Sosok Rian

Amir Baihaqi - detikNews
Pengacara Vanessa Angel dan Muncikari Minta Polisi Buktikan Sosok Rian Vanessa Angel saat berjalan menuju ruang sidang (Foto: Amir Baihaqi/File)
Surabaya - Franky Desima Waruwu, penasihat hukum terdakwa muncikari Endang Suhartini mengaku telah meminta majelis hakim untuk menghadirkan Rian Subroto di persidangan selanjutnya. Permintaan itu, menurutnya telah diungkapkan dalam sidang pemeriksaan saksi hari ini.

"Kami sudah minta pada majelis hakim. Dan majelis hakim sudah mengabulkan supaya memerintahkan jaksa wajib menghadirkan Rian Subroto. Karena Rian Subroto dibutuhkan keterangannya sebagai alat bukti di persidangan," kata Franky kepada detikcom di sela-sela persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (8/4/2019).

Franky menambahkan, alasan lain permintaan menghadirkan Rian Subroto, karena saksi penangkap yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak bisa menjelaskan keterangan berita acara pemeriksaan (BAP). Padahal dalam BAP, saksi penangkap mampu menerangkan dengan jelas.


Penyidik yang dihadirkan oleh teman-teman JPU mereka tidak bisa menjelaskan keterangan BAP. Padahal di BAP mereka menerangkan panjang lebar dan sistematis. Saat kita protes tadi, mereka mengakui bahwa mereka hanya sebagai penangkap atas perintah bapak Kasubdit untuk memantau artis yang mau ke surabaya," terang Franky.

"Majelis hakim (tadi) menanyakan artis yang ke Surabaya kan bukan hanya Vanessa. Nah, itu mereka juga bingung. Majelis hakim tidak meneruskan lagi pertanyaannya karena saksi pihak kepolisian tidak sesuai dengan BAP-nya," lanjut Franky.

Senada dengan Franky, pengacara Vanessa, Muhammad Milano Lubis juga mendesak Polda Jatim untuk membuktikan sosok Rian Subroto. Karena hal itu sesuai dengan komitmen awal bahwa polisi akan terbuka dengan segala informasi.

"Kalau memang mau ada keterbukaan informasi ya keterbukaan informasi seluas-luasnya. Jangan sampai ada apa yang tidak jelas dalam kasus ini. Sekarang terbukti kan," beber Milano.


Dalam proses pemeriksaannya, lanjut Milano, ia menyayangkan juga pihak polisi yang telah memeriksa Rian Subroto secara terpisah. Karena menurutnya dari hal itu, pihak polisi telah dinilai menutup-nutupi sosok Rian.

"Dari awal kita minta Rian sebelum ke situ, Polda Jatim bilang Rian sudah diperiksa terpisah katanya," ujarnya.

"Mana ada dalam kasus prostitusi laki-laki perempuan diperiksa terpisah harusnya bareng-bareng. Kalau nggak bareng-bareng mana mungkin kita tahu yang satu ngomong apa, yang satu ngomong apa. Karena dia harus singkron ada tidak perbuatannya. Kalau tidak ada perbuatannya gimana mau dibilang ada prostitusi," tandas Milano.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com