DetikNews
Senin 08 April 2019, 17:58 WIB

Arumi Ajak Emak-emak di Bojonegoro Manfaatkan Sampah

Ainur Rofiq - detikNews
Arumi Ajak Emak-emak di Bojonegoro Manfaatkan Sampah Istri Wagub Emil Dardak Arumi Bachsin/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Istri Wakil Gubernur Jatim, Arumi Bachsin mengajak emak-emak di Bojonegoro memanfaatkan sampah. Sampah-sampah itu didaur ulang menjadi pupuk dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Arumi yang kini menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Jatim mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro. Di lokasi, Arumi melihat secara langsung berbagai inovasi pengolahan sampah.

Tumpukan sampah diurai untuk bisa dijadikan pupuk hingga didaur ulang menjadi gas metan untuk bahan bakar minyak bio solar.

"Kunjungan ini untuk membahas dan mengatasi masalah stunting dan limbah plastik," kata Arumi kepada wartawan di lokasi, Senin (8/4/2019).


Kehadiran Arumi Bahcsin di TPA Banjarsari menyedot perhatian masyarakat. Para pegawai dan pemulung yang ada di area sampah mendekat dan berswafoto.

"Dari hasil kunjungan ke TPA ini, nantinya bisa dijadikan daerah percontohan untuk pengolahan sampah, dan melihat beberapa inovasi yang ada di TPA Bojonegoro," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro Nurul Azizah menuturkan, lahan TPA di Banjarsari seluas 5 hektare. Setiap hari, sampah yang dibuang ke TPA mencapai 243 meter kubik.

"Inovasi yang kami ciptakan ini sudah beberapa tahun lalu. Dengan banyaknya sampah yang ada, kami mencoba membuat beberapa inovasi. Mulai mengolah jadi gas metan, tenaga listrik dan BBM," terangnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed