Melihat Momen Langka Penyu Bertelur di Pantai Marina Boom Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 08 Apr 2019 08:05 WIB
Penyu lekang saat bertelur (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Seekor penyu jenis Lekang mendarat dan bertelur di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Sebanyak 128 telur dikeluarkan dari tubuh hewan yang sangat dilindungi ini. Momen langka ini menjadi tontonan gratis bagi pengunjung Pantai Marina Boom yang sedang menikmati suasana malam di pinggir pantai.

Penyu ini menuju ke daratan pantai sekira pukul 22.00 WIB, Minggu malam (7/4/2019). Penyu yang diperkirakan berusia 35 tahun ini memiliki panjang 171 sentimeter dan lebar 65 sentimeter. Habitatnya banyak bertebaran di perairan Selat Bali.

Untuk menghindari gangguan predator, proses bertelurnya hewan langka ini dijaga ketat oleh relawan dari Banyuwangi Sea Turtle Foundation BSTF) dan petugas masyarakat mitra polisi hutan BKSDA seksi 5 Jawa Timur.

"Habitat penyu Lekang ini memang disini. Di Selat Bali. Kebanyakan juga di pesisir pantai Banyuwangi ini ada. Namun di daerah lain jarang," ujar Wijanto Haditanodjo, Pembina Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) kepada wartawan.

Sebagaimana habitat aslinya, kata pria yang biasa dipanggil Wiwit ini, binatang yang dilindungi ini membuat satu pola pengamanan saat mengeluarkan telur. Sebelum bertelur, penyu akan berpindah-pindah. Jika dirasa aman, penyu kemudian menggali pasir. Telur-telur tersebut terpendam dalam pasir pantai, tujuannya agar terselamatkan dan terhindar dari serangan predator.


Telur penyu diambil dan ditetaskan di penangkaranTelur penyu diambil dan ditetaskan di penangkaran Foto: Ardian Fanani


"Untuk musim penyu bertelur dimulai dari bulan Maret hingga Juni. Telur ini langsung kita evakuasi ke lokasi konservasidan penangkapan," tambahnya.

Sepanjang tahun 2019 petugas telah mengamankan 8 sarang penyu dengan jumlah total mencapai 809 butir telur. Dalam jangka waktu 46 hari telur penyu tersebut diperkirakan akan menetas. Selanjutnya, petugas akan melepasliarkan anak penyu atau tukik ke selat Bali.

Moment ini benar-benar membuat warga yang datang senang. Warga sangat beruntung bisa melihat moment langka di pantai yang ada di pusat kota Banyuwangi ini. Bahkan banyak warga yang berswafoto dengan penyu setelah proses bertelur selesai dilakukan.

"Memang sering denger kalau di Marina Boom ada penyu bertelur. Tapi jarang banget. Beruntung bisa lihat saat ini," ujar Icha, warga Banyuwangi.

Ada tujuh jenis penyu di dunia. Enam diantaranya berada di perairan Indonesia dan empat jenis penyu lainnya ditemukan bertelur di perairan Banyuwangi. Diantaranya, jenis penyu Lekang, penyu Sisik penyu Hijau, serta penyu Belimbing. (iwd/iwd)