DetikNews
Kamis 04 April 2019, 13:05 WIB

Tertangkap Setelah 4 Kali Curi Motor, Pelajar Ini Tak Ikut Ujian

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Tertangkap Setelah 4 Kali Curi Motor, Pelajar Ini Tak Ikut Ujian Pelajar ini telah 4 kali melakukan curanmor (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Seorang pelajar SMA di Surabaya ditangkap usai mencuri motor. Pelajar itu pun tak bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena perbuatannya.

Pelajar itu adalah BD. BD diamankan usai mencuri motor Honda BeAT disebuah mini market di kawasan Ngaglik, Tambaksari. Kapolsek Simokerto Kompol Masdawati mengatakan terbongkarnya kejahatan BD, usai pihaknya menerima laporan masyarakat adanya kehilangan motor.

"Setelah kami selidiki, kami mendapatkan bukti CCTV terdapat rekaman pelaku saat melakukan aksinya, pada 31 Januari, pelaku berhasil kita amankan di rumahnya," kata Masdawati, Kamis (4/4/2019).


Masdawati mengatakan BD mengaku sudah empat kali melakukan pencurian motor. Dalam melakukan aksinya BD mengaku selalu sendirian.

"Dari hasil interogasi, pelaku sudah empat kali mencuri motor di berbagai lokasi," ujar Masdawati.

Sementara itu, kepada wartawan BD mengaku nekat mencuri untuk membayar biaya praktik di sekolahnya dan bermain wanita di tempat karaoke.

"Hasilnya untuk bayar praktik sebesar Rp 500 ribu. Sisanya buat karaoke," kata BD.


Diakui oleh BD, motor hasil curiannya dijual melalui facebook sebesar Rp 2 juta rupiah. "Motor itu saya jual lewat facebook," kata BD.

Usai ditangkap, BD mengaku kapok karena tidak bisa mengikuti ujian UNBK seperti teman-temannya yang lain. "Saya kapok, tidak akan melakukan lagi. Saya juga tidak bisa ikut ujian," tandas BD.

Atas kejahatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang tindak pencurian dengan pemberatan.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed