detikNews
Senin 01 April 2019, 14:48 WIB

70 Klinik Kesehatan di Kabupaten Pasuruan Belum Terakreditasi

Muhajir Arifin - detikNews
70 Klinik Kesehatan di Kabupaten Pasuruan Belum Terakreditasi Klinik Kesehatan di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - 70 Klinik kesehatan di Kabupaten Pasuruan belum terakreditasi. Padahal sesuai Permenkes nomor 46 tahun 2015 tentang Klinik Pratama, Tempat Praktik Dokter Mandiri dan Tempat Praktuk Mandiri Dokter Gigi.

"Jumlah klinik di Kabupaten Pasuruan bertambah beberapa tahun terakhir. Sebelumnya hanya 23 unit. Namun sekarang mencapai 70 unit. Sayangnya, tak ada satupun yang terakreditasi," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Ugik Setyo Darmoko, kepada detikcom, Senin (1/4/2019).

Ugik mengatakan dari 70 klinik kesehatan di Kabupaten Pasuruan, 63 unit di antaranya klinik pratama. Klinik pertama memiliki dokter umum serta dokter gigi. Sedangkan 7 unit lainnya merupakan klinik utama. Klinik utama memiliki fasilitas layanan mata, kecantikan dan bersalin.

Ugik Setyo menguraikanklinik kesehatan harus sudah terakreditasi tahun 2021.

"Jadi wajib terakreditasi sebelum 2021," pungkasnya.

Pria yang juga Ketua Asosiasi Klinik Indonesia Pasuruan Raya ini menjelaskan semua klinik wajib memiliki sertifikat akreditasi paling lambat pada 2021. Meski batas waktu masih relatif panjang, namun semua proses harus dimulai jauh-jauh hari.

"Kami minta klinik segera mengajukan sertifikasi, mempersiapkan semua berkas dan memenuhi standarnya. Setelah ada pengajuan, akan turun komisi akreditasi untuk melakukan verifikasi," terangnya.

Dia memperkirakan belum adanya akreditasi karena kendala faktor biaya atau faktor lainnya.

"Semuanya belum mengurus akreditasi. Mungkin karena faktor biaya atau faktor lainnya. Tapi kami terus mendorong agar mereka mau mengurusnya, dengan cara sosialisasi dan pemahaman-pemahaman," tambahnya.


Simak Juga 'Belum Terakreditasi, Sejumlah RS Tidak Melayani Pasien BPJS':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed