detikNews
Jumat 29 Maret 2019, 17:11 WIB

Razia di Malang, Belasan Anak Jalanan dan Pengamen Terciduk

Muhammad Aminudin - detikNews
Razia di Malang, Belasan Anak Jalanan dan Pengamen Terciduk Anak jalanan di Malang terjaring razia/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Belasan anak jalanan (anjal) terjaring operasi petugas gabungan di Kabupaten Malang. Mereka diamankan dari sejumlah tempat. Operasi digelar untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang Pilpres 2019.

Belasan anjal dan pengamen yang terjaring razia dibawa petugas gabungan ke Mapolres Malang. Petugas gabungan tersebut terdiri dari Sabhara Polres Malang, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Malang.


Mereka didata untuk mengungkap satu per satu identitasnya. Setelah itu, belasan anjal tersebut diberi pembinaan oleh dinas sosial.

"Razia kami lakukan dengan menyasar sejumlah titik, di antaranya perempatan Kepanjen. Dari operasi gabungan ini, diamankan 16 orang yang merupakan anak jalanan serta pengamen," kata Kasat Sabhara Polres Malang AKP Kusmindar kepada wartawan di Mapolres, Jalan Ahmad Yani, Kepanjen, Jumat (29/3/2019).

Menurut Kusmindar, operasi gabungan melibatkan 25 personel. Petugas bergerak sesuai dengan titik sasaran yang direncanakan dalam operasi gabungan.


"Kegiatan ini digelar untuk menciptakan kondusivitas menjelang Pemilu 2019. Operasi gabungan juga mengedepankan tindakan preventif dengan mengutamakan pembinaan bagi anjal dan pengamen yang terjaring razia," imbuh Kusmindar.

Hasil pendataan petugas, para anjal dan pengamen sebagian besar merupakan warga Kabupaten Malang. Ada juga dari mereka berasal dari Sampang Madura, Jombang serta Tulungagung. Operasi gabungan rencananya akan digelar secara periodik.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com