Pengemudi Mobil Hampir Mati Tertabrak KA, Selamat Karena Lompat

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 29 Mar 2019 15:23 WIB
Mobil tertabrak kereta di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Sebuah mobil tertabrak Kereta Api di perlintasan tanpa palang pintu di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Pengemudi selamat karena terlebih dulu melompat.

Mobil Suzuki Katana dengan nopol DK-642-YA itu tertabrak Kereta Api Pandanwangi No. Log: CC2019201. Meski mobil tersebut ringsek di bagian samping, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Sang pengemudi diketahui bernama Hariyanto (51). Warga Desa Ketapang itu lolos dari maut karena langsung melompat dari mobil saat melihat ada kereta yang siap menghantam. Sementara kendaraannya tertabrak dan terseret hingga 200 meter.


"Tidak ada korban jiwa. Sopir mengalami luka lecet saat melompat dari dalam mobil," ujar Kanit Laka Lantas Polres Banyuwangi Iptu Ardhi Bita Kumala kepada detikcom, Jumat (29/3/2019).

Ardhi menambahkan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Menurut keterangan saksi, awalnya sang pengemudi melaju dari arah Timur ke Barat. Sesampainya di perlintasan sebidang, mobil berhenti dan Hariyanto melihat ada kereta dari Utara. Hanya berjarak kurang lebih 50 meter. Ia kemudian turun dari mobil dan lari ke tempat aman.


"Masinis Dwi Sugi Heriyanto sempat membunyikan klakson. Dan sopir Katana langsung lompat keluar. Tidak ada korban jiwa," tambahnya.

Polisi memperkirakan hanya ada kerugian material dari kecelakaan tersebut. Saat ini, kendaraan langsung diderek ke unit Laka Lantas Polres Banyuwangi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara Kereta Api Pandanwangi melanjutkan perjalanan ke Stasiun Banyuwangi Baru.

"Kendaraan mobil dan sopir langsung kita periksa. Kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintas di perlintasan sebidang tanpa palang pintu," pungkasnya. (sun/iwd)