DetikNews
Kamis 28 Maret 2019, 16:13 WIB

Virus Gemini Bikin Ratusan Hektare Lahan Cabai di Malang Gagal Panen

Muhammad Aminudin - detikNews
Virus Gemini Bikin Ratusan Hektare Lahan Cabai di Malang Gagal Panen Virus gemini rusak tanaman cabai di Malang/File: detikcom
Malang - Ratusan hektare tanaman cabai rawit di Kabupaten Malang terserang virus gemini. Serangan itu menyebabkan kerusakan pada tanaman hingga tak berbuah maksimal.

Petani cabai Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Yugiantoro mengatakan, dari total lahan tanaman cabai di wilayah Ngantang seluas 600 hektar, sekitar 70 persen telah diserang virus gemini.

"Semua diserang gemini, hampir 70 persen dari luasan lahan sebanyak 600 hektare untuk tanaman cabai rawit di Ngantang," terang Yugiantoro dikonfirmasi, Kamis (28/3/2019).

Gemini, kata dia, membuat daun tanaman melengkung ke atas, mengeriting dan warna daun menjadi kekuningan. Bahkan tanaman cenderung menjadi kerdil tidak bisa tumbuh kembang dengan baik dan tidak bisa berbuah banyak.


Dia menjelaskan, total lahan cabai di Ngantang seluas 600 hektar. Rinciannya 360 hektar merupakan lahan kawasan cabai rawit merah dan sisanya 240 hektar tersebar di hampir seluruh desa di wilayah Kecamatan Ngantang.

"Jumlah lahan yang kami punya 360 hektar di kawasan cabai wilayah Ngantang ini, sisanya spot-spot tersebar," terangnya.

Akibat serangan virus gemini itu, tanaman cabai terancam gagal panen. Bahkan, dipastikan tanaman cabai yang ditanam gagal panen pada April mendatang. Sebab hampir gemini sudah merusak seluruh tanaman. Kondisi ini dinilai akan mempengaruhi panen raya yang biasanya digelar pada bulan Juni hingga Agustus mendatang.


"Bisa jadi ketika panen raya gagal panen tidak mencapai target yang diharapkan. Karena serangan gemini," keluh Yugiantoro.

Dia berharap, pemerintah segera turun tangan untuk mengatasi serangan virus gemini terhadap tanaman cabai milik petani.

"Ngantang merupakan sentra produksi cabai, tapi serangan gemini bisa mempengaruhi target produksi," katanya.



Tonton juga video Serangan Ulat 'Ice Cream' di Probolinggo Meluas ke 7 Kecamatan:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed