DetikNews
Rabu 27 Maret 2019, 10:03 WIB

Akses Jalan Menuju Bromo yang Longsor Ditumpuki Pasir

Muhammad Aminudin - detikNews
Akses Jalan Menuju Bromo yang Longsor Ditumpuki Pasir Longsor di Malang ditumpuki pasir/Foto: BPBD Kabupaten Malang
Malang - BPBD Kabupaten Malang bergerak cepat menangani jalan longsor menuju Gunung Bromo. Untuk sementara bagian bahu jalan dipasang karung berisi pasir. Agar luas badan jalan sedikit lebar untuk dilintasi dan aman.

"Kemarin sudah kami bersihkan bagian sisi jalan yang tak longsor, untuk bisa memperlebar ruas jalan. Hari ini, karung-karung berisi pasir, kita tumpuk di bagian tepi jalan yang longsor, agar semakin luas untuk dilintasi," terang Kepala BPBD Bambang Setiawan kepada detikcom saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2019).

Menurut Bambang, langkah tersebut dilakukan sementara, agar akses jalan dari Poncokusumo menuju Gunung Bromo bisa sedikit lancar.

"Kita upayakan untuk bisa dilintasi dengan aman dulu, karena perbaikan secara permanen membutuhkan waktu, tidak bisa cepat," tegas Bambang.

Dia mengatakan, bahwa badan jalan yang longsor memiliki panjang sekitar 20 meter dengan ketinggian rata-rata 6 meter dari permukaan tanah.


Jalan longsor terletak di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Akses jalan satu-satunya menuju Desa Ngadas serta Gunung Bromo dari Kabupaten Malang.

Sehari-harinya, ruas jalan itu cukup padat untuk dilintasi transportasi wisatawan ke Gunung Bromo dan masyarakat setempat untuk membawa hasil pertanian.

"Kita hari ini membahas penanganan secara permanen dengan Pemerintah Desa Gubuk Klakah. Dinas Pekerjaan Umum punya cukup banyak titik jalan yang harus diperbaiki, makanya penanganan tidak bisa cepat," tandas Bambang.

Longsor melanda akses jalan menuju Gunung Bromo dari Kabupaten Malang. Tepatnya di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Hampir separuh badan jalan ambrol akibat longsor yang disebabkan gerusan air hujan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed