detikNews
Selasa 26 Maret 2019, 16:05 WIB

Sosok Sucipto, Korban Tertimbun Longsor Gunung Kapur di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Sosok Sucipto, Korban Tertimbun Longsor Gunung Kapur di Jember Pascalongsor gunung kapur di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Musibah tebing longsor di Gunung Kapur Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, mengakibatkan satu orang korban bernama Sucipto. Warga Desa Loh Jejer, Kecamatan Wuluhan, tertimbun longsoran batu besar dan pasir kapur. Hingga hari ini, Selasa (26/3/2019), korban belum ditemukan.

Berdasarkan keterangan tetangga korban, Sucipto dikenal sebagai bapak pekerja keras dan bertanggung jawab terhadap keluarganya.

"Pak Cip (Sucipto) orangnya baik. Dikenal ramah oleh warga, dan pria pekerja keras. Sehari-hari memang bekerja sebagai buruh harian di pertambangan ini," kata tetangga korban, Nanik Hera saat berada di lokasi longsor melihat proses pencarian korban.


Menurut Nanik, selain bekerja sebagai buruh harian di tambang batu mangan atau batu hitam ini, Sucipto juga bekerja sebagai buruh tani. "Sama dengan istrinya Mbak Yun, nama lengkap istrinya saya lupa, yang juga bekerja sebagai buruh tani," katanya.

Diketahui juga oleh Nanik, Sucipto baru kembali bekerja sebagai buruh harian di pertambangan gunung kapur tersebut sekitar dua bulan belakangan ini. "Sempat berhenti waktu itu. Tapi sekarang bekerja lagi di tambang ini," katanya.

Sucipto diketahui memiliki dua orang anak. Anak pertamanya bernama Candra (27), sudah menikah dan saat ini bekerja serta tinggal di Kalimantan. Sementara, anak perempuannya yang nomor dua bernama Linda, masih mengenyam pendidikan kelas 2 SMP. "Sekolah di SMPN Puger sini anaknya yang nomor 2. Untuk anak pertama sudah diberitahu, dan informasinya perjalanan pulang ke Jember," katanya.


Nanik berharap Sucipto segera ditemukan. "Kasihan istrinya, dari kemarin sampai sekarang masih sering pingsan. Kemarin sempat dirawat di Rumah Sakit. Tapi kalau sekarang sudsh dirawat di rumah," katanya.

Gunung kapur yang bersebelahan dengan pabrik semen Puger longsor, Senin (25/3) pukul 07.45 WIB. Sebelum longsor dan menimbun satu penambang, warga mendengar suara gemuruh. Warga pun sempat mengabadikan detik-detik sebelum longsor itu terjadi.

Selain menimbun satu warga bernama Sucipto, warga Desa Loh Jejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, dua penambang juga mengalami luka. Mereka dibawa ke rumah sakit atas nama Ucok (28) warga Palembang, tinggal di Perumahan Kecamatan Puger, dan Hasan (30) warga Desa Kasiyan, Kecamatan Puger.



Saksikan juga video 'Detik-detik Gunung Kapur di Jember Longsor Timbun Penambang':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com