detikNews
Selasa 26 Maret 2019, 14:19 WIB

Penasaran Video Viral, Warga Berdatangan ke Lokasi Longsor Gunung Kapur

Yakub Mulyono - detikNews
Penasaran Video Viral, Warga Berdatangan ke Lokasi Longsor Gunung Kapur Warga berdatangan lihat longsor gunung kapur/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Tebing gunung kapur di Jember longsor menjadi perhatian warga. Puluhan orang datang ke lokasi untuk melihat rencana evakuasi korban yang tertimbun. Mereka penasaran dengan video yang viral di medsos.

Pantauan di lokasi bencana Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, banyak warga berdatangan untuk melihat bekas tanah longsor. Termasuk juga para pekerja harian tambang yang datang ke lokasi untuk mengenang rekan kerjanya yang menjadi korban.

"Saya kemarin saat kejadian kebetulan sakit dan tidak bekerja, ternyata ada bencana tanah longsor itu. Saya beruntung, dan sekarang kepikiran Pak Cip teman saya itu yang jadi korban," ujar Wahyudi, salah seorang pekerja tambang harian saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2019).


Sementara saat ditemui terpisah, Yuniwati, warga Kecamatan Loh Jejer mengaku bahwa dirinya datang ke lokasi gunung kapur longsor karena penasaran dengan video longsor, yang sempat viral di media sosial.

"Tahunya longsor itu, selain dari medsos, juga dari media online. Ternyata setelah melihat langsung kondisinya memprihatinkan, batunya besar-besar seukuran mobil," jelasnya.

Sedangkan Dantim Basarnas Pencarian Korban, Prahista mengatakan, pihaknya masih melakukan pengamatan.


"Kami saat ini melakukan pengamatan di lokasi TKM, dan mengimbau warga agar tidak mendekat ke lokasi," tandasnya.

Gunung kapur yang bersebelahan dengan pabrik semen Puger longsor, Senin (25/3) pukul 07.45 WIB. Sebelum longsor dan menimbun satu penambang, warga mendengar suara gemuruh. Warga pun sempat mengabadikan detik-detik sebelum longsor itu terjadi.

Selain menimbun satu warga bernama Sucipto, warga Desa Loh Jejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, dua penambang juga mengalami luka. Mereka dibawa ke rumah sakit atas nama Ucok (28) warga Palembang, tinggal di Perumahan Kecamatan Puger, dan Hasan (30) warga Desa Kasiyan, Kecamatan Puger.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com