DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 11:51 WIB

Fase Akhir Pilpres, TKD Jatim: Jokowi Rebut Momentum Pertebal Kemenangan

Hilda Meilisa - detikNews
Fase Akhir Pilpres, TKD Jatim: Jokowi Rebut Momentum Pertebal Kemenangan Foto: Istimewa
Surabaya - Dalam sehari, capres nomor urut 01 Jokowi keliling tiga kota untuk berkampanye. Di Banyuwangi, Jember, hingga Malang, kehadiran Jokowi disambut antusias puluhan ribu warga. Hal itu semakin membuat Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim optimistis bisa menang tebal di provinsi ini.

"Fakta-fakta kampanye kemarin dari Banyuwangi, Jember, hingga Malang menunjukkan bagaimana rakyat mengapresiasi kinerja Pak Jokowi. Luar biasa antusiasmenya," ujar Ketua TKD Jatim Machfud Arifin saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (26/3/2019).

"Pak Jokowi mampu merebut momentum pada masa-masa akhir jelang 17 April. Dalam kompetisi Pilpres yang sifatnya maraton yang sangat lama ini, penting untuk merebut momentum di fase akhir yang sangat krusial," imbuh mantan Kapolda Jatim tersebut.

Machfud menjelaskan, merebut momentum berarti menegaskan arus besar pilihan politik masyarakat, sekaligus menyolidkan kerja pemenangan. "Politik itu selalu soal momentum. Ada banyak orang menang dan kalah karena momentum. Dalam hal fase akhir Pilpres ini, Pak Jokowi-lah yang merebut momentumnya untuk pertebal kemenangan," ujarnya.


[Gambas:Video 20detik]


Dia menyebut setidaknya ada dua indikator yang menunjukkan Jokowi mampu merebut momentum di fase akhir ini. Pertama, antusiasme rakyat yang begitu tinggi dalam kampanye Jokowi.

"Keliling tiga daerah kemarin saya menyaksikan sendiri Pak Jokowi untuk melangkah saja sulit. Lautan manusia minta salaman, selfie, dan semuanya tulus. Ada yang menangis bahagia bertemu Pak Jokowi. Ini juga sekaligus momentum mendongkrak semangat tim, jangan sampai kita kalah semangat dengan masyarakat yang begitu antusias," papar Machfud.

Kedua, hasil berbagai lembaga survei yang terus konsisten menunjukkan kemenangan tebal minimal 20 persen bagi Jokowi-KH Maruf Amin. "Survei lembaga kredibel di fase-fase akhir ini menunjukkan marjin elektabilitas yang tebal, ini momentum untuk gaspol," kata Machfud.

Dia juga melihat peran parpol maupun relawan semakin sinergis. Semangat yang semula agak meredup karena kecapaian dengan masa kampanye yang panjang dan berbarengan pemilu legislatif kembali bangkit.


"Sebagian caleg yang mungkin kehabisan stamina dengan kampanye yang berbulan-bulan, kini kembali menemukan momentum untuk bergerak menanjak bersama Pak Jokowi. Waktu sudah tinggal sekitar 3 minggu, salah satu strategi terbaik untuk terpilih di legislatif adalah dengan menggenjot kampanye bareng Pak Jokowi karena beliau adalah magnet elektoral terbesar. Itu kami harapkan terus digarap bersama para caleg partai koalisi," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Terima Banyak 'Warisan' APBN, Jokowi Disebut Anak Orang Kaya':

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed