DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 16:59 WIB

Ternyata Laku Diekspor, Dinas Pertanian Jatim akan Bina Petani Daun Kelor

Hilda Meilisa - detikNews
Ternyata Laku Diekspor, Dinas Pertanian Jatim akan Bina Petani Daun Kelor Foto: Sugeng Harianto
Surabaya - Daun kelor banyak ditemui di beberapa daerah di Jatim ternyata kini sedang menjadi primadona. Pasalnya, daun yang memiliki beragam khasiat ini, cukup dicari untuk diekspor ke beberapa negara di asia.

Namun, daun kelor masih terhitung komoditas baru untuk diekspor. Karena, daun kelor belum tercatat dalam 90 komoditas ekspor.

"Daun Kelor termasuk komoditas baru. Maka perlu ada pembinaan untuk kualitas ekspor sesuai tujuan negara dan per pendataan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim Hadi Sulistiyo kepada detikcom di Surabaya, Senin (25/3/2019).


Hadi menambahkan untuk mendukung pengembangan komoditas kelor ini, pihaknya akan mulai melakukan identifikasi dan pembinaan di lapangan. Misalnya mulai dari sertifikasi lahan, penerbitan SOP dan sertifikasi hasil pertanian agar komoditas kelor memenuhi standar internasional.

"Potensi sangat bagus. Maka perlu kita bina ke depan petaninya agar memenuhi standar ekspor ke negara tujuannya. Mulai tahun 2019 ini kami akan melakukan identifikasi dan pembinaan di lapangan," kata dia.

Sementara Hadi juga belum bisa mengatakan dari mana saja daun kelor yang diekspor tersebut. Pasalnya, pihaknya masih memilah data terkait kelor ini.


"Diekspor itu tidak ada laporan dari mana saja asal daun kelor, bisa saja sebagian dari luar jatim tapi ekspornya dipusatkan dari Jatim. Ini mulai kita data dulu dan pembinaan," pungkasnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed