Terdengar Suara Gemuruh di Lokasi Batu Kapur Sebelum Longsor

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 25 Mar 2019 12:53 WIB
Gunung Kapur di Jember Longsor/Foto: Istimewa
Jember - Gunung Kapur di Jember longsor sekitar pukul 07.45 WIB. Sebelum longsor, gunung kapur yang bersebelahan dengan Pabrik Semen Puger, Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, mengeluarkan suara gemuruh.

"Sebelumnya terdengar gemuruh dan langsung longsor. Para penambang dan truk yang berada di sekitar lokasi berlarian menyelamatkan diri," kata salah satu warga, Indriani saat dikonfirmasi wartawan, Senin (25/3/2019).

Saat itu, jelas dia, pekerja tambang sedang bekerja seperti biasa. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas puncak tebing gunung kapur. Dalam waktu singkat, tebing gunung tersebut longsor.


Para pekerja yang sedang menambang langsung berlarian sejak mendengar gemuruh. Saat ini petugas BPBD Jember dan Basarnas menuju lokasi dan melakukan proses evakuasi korban yang tertimbun longsor.

Informasi terbaru, korban luka bertambah dan polisi beserta TRC BPBD Jember masih melakukan pendataan.

Akibat longsor, satu orang terdeteksi tertimbun atas nama Sucipto (48) warga Desa Loh Jejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Sedangkan dua lainnya mengalami luka atas nama Ucok (28) warga Palembang yang tinggal di Perumahan Kecamatan Puger dan Hasan (30) warga Desa Kasiyan, Kecamatan Puger. (sun/fat)