DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 11:37 WIB

Ada Sinyal Hijau dari Menhub untuk Pembangunan LRT di Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Ada Sinyal Hijau dari Menhub untuk Pembangunan LRT di Jatim Foto: Kepala Dinas Perhubungan Jatim Fattah Jasin/Hilda Meilisa Rinanda - detikFinance
Surabaya - Pemprov Jatim berencana membuat kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) di wilayah Gerbang Kertasusila. Rencananya, rutenya mulai dari Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo-Mojokerto. Sejauh apa progresnya?

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Fattah Jasin mengaku telah melakukan rapat dengan berbagai pihak. Hanya saja, proyek ini menunggu persetujuan pusat. Namun, belakangan ini Fattah mengaku Menteri Perhubungan telah datang ke Jatim untuk mengecek.

"Yang terakhir kan pak menteri datang, ada menteri perhubungan, ada bapenas, ada kemenhub. Respon terakhir ya kalau sudah pak menteri datang ya kayaknya positif," kata Fattah saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (25/3/2019).


Lalu, apa kendalanya? Fattah menyebut kendala utama ada di pembiayaan. Menurutnya, biaya untuk membangun LRT bisa mencapai Rp 7 hingga Rp 8 Triliun. Biaya ini pun masih menunggu dari persetujuan pusat.

"Kalau kendala ya pembiayaan ya. Ada perkiraan, kalau angkutan umum KRL itu kan pakai listrik. Kemarin itu 7 sampai 8 triliun ya. Ada gerbong baru, jalurnya juga khusus," lanjut Fattah.

Nantinya, pihak Pemprov Jatim juga akan membantu dalam hal pembebasan lahan. Menurut Fattah, LRT ini menggunakan jalur khusus yang berbeda dari Jalur kereta yang sudah ada.


"Itu perhitungan dananya semuanya termasuk gerbong. Kalau provinsi ke pembebasan lahannya, mungkin terkait pada pemindahan penduduk. Ndak mungkin di atasnya yang sekarang jadi harus ada jalur khusus. Tergantung dari supply and demand," imbuhnya.

Fattah berharap dalam waktu dekat akan dihelat rapat yang membahas pembangunan LRT ini.

"Kita menunggu (rapat) lagi. Kalau kita secepat mungkin direspon, tapi kan tergantung pemerintah yang ngasih kebijakan," pungkasnya.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed