DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 21:22 WIB

Kiai Asep akan Klarifikasi KPK Soal Rekomendasi Kakanwil Kemenag Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Kiai Asep akan Klarifikasi KPK Soal Rekomendasi Kakanwil Kemenag Jatim Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kiai Asep Saifuddin Chalim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kiai Asep Saifuddin Chalim mengaku akan berangkat ke Jakarta malam ini. Tujuannya untuk mengklarifikasi 'nyanyian' mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang menyeret namanya dan Khofifah soal rekomendasi Kepala Kemenag Jatim.

"Saya akan berangkat ke Jakarta (klarifikasi ke KPK)," katanya singkat saat ditemui detikcom di Ponpes Amanatul Ummah Siwalankerto, Surabaya, Jumat (22/3/2019) malam.

Ditanya apakah ingin melaporkan Rommy, Kiai Asep mengaku tidak akan melaporkan pernyataan Rommy yang telah menyeret namanya dalam kasusnya.


"Ndak, saya ndak akan melaporkan. Saya hanya klarifikasi saja," ujarnya singkat.

Lalu seberapa dekat hubungannya dengan Rommy, Kiai Asep mengaku mengenalnya karena satu sama-sama dari PPP. Ia menjelaskan bahwa dirinya baru saja masuk di partai berlambang kakbah itu.

"Lho, saya ini kan baru saja di PPP dan itu pilihan saya satu-satunya partai Islam yang rahmatan lil alamin yang," terang Kiai Asep.


"Kalau di PPP ada sebutan di pundak kanan disebutkan sebagai pejuang di jalan Allah dan di pundak kiri pejuang bangsa Indonesia. Maka saya berada di situ," tandasnya.

Eks Ketum PPP, Romahurmuziy (Rommy), menyeret nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan seorang kiai. Kedua orang itu diklaim Rommy menyampaikan kompetensi Haris Hasanuddin, yang mengikuti seleksi jabatan Kakanwil Kemenag Jatim.

"Tapi bahwa meneruskan aspirasi, apa yang saya teruskan bukan main-main. Contoh Haris, memang dari awal menerima aspirasi dari ulama seorang Kiai Asep Saifudin Halim adalah pimpinan pondok pesantren dan kemudian Bu Khofifah, beliau gubernur terpilih, jelas mengatakan, 'Mas Rommy, percayalah dengan Haris, karena orang kerja bagus.' Sebagai gubernur terpilih, beliau mengatakan kalau Mas Haris sudah kenal kinerjanya sehingga ke depan sinergi dengan Pempov akan lebih baik," papar Rommy kepada wartawan saat jeda pemeriksaan di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed