DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 21:09 WIB

Kiai Asep Bantah Rommy Soal Rekomendasi Kakanwil Kemenag Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Kiai Asep Bantah Rommy Soal Rekomendasi Kakanwil Kemenag Jatim Kiai Asep Saifuddin Chalim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Kiai Asep Saifuddin Chalim akhirnya buka suara terkait 'nyanyian' mantan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) yang menyebutkan dirinya dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa merekomendasi Haris Hasanudin sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah itu membantah dengan tegas.

"Beliau (Haris Hasanuddin) pernah ngaji sama saya. Kitab yang dia pelajari adalah kitab nahwu, hadist dan kita fiqih selama 3 tahun. Dalam hadist kan keterangan-keterangan sudah jelas Arrosyi wal-murtasyi kilaahumaa fin-naar penyuap dan penerima suap kedua-duanya di dalam neraka," kata Kiai Asep kepada detikcom, Jumat (22/3/2019).


"Dan selama tiga tahun beliau ngaji sama saya. Masak kemudian ditanyai (soal rekomendasi) gitu saja tidak menjawab," lanjut Kiai Asep.

Untuk itu, ia membantah dengan tegas tuduhan Rommy bahwa ia dan Khofifah merekomendasi Haris Hasanuddin untuk menjadi Kepala Kemenag Jatim. Namun ia hanya mengatakan bahwa Haris merupakan mantan santrinya.

"Nggak, menjawab keterangan tentang beliau ngaji di tempat saya 3 tahun, santri saya. Jadi ndak ada rekomendasi-rekomendasi tertulis itu nggak ada. Cari, nggak ada rekomendasi saya. (Khofifah) Ya nggak (merekomendasi)," terangnya.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenag Jatim Diduga Ikut Diamankan KPK, Keluarga Putus Kontak

Anggota DPR yang juga eks Ketum PPP, Romahurmuziy (Rommy), menyeret nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan seorang kiai. Kedua orang itu diklaim Rommy menyampaikan kompetensi Haris Hasanuddin, yang mengikuti seleksi jabatan Kakanwil Kemenag Jatim.

"Tapi bahwa meneruskan aspirasi, apa yang saya teruskan bukan main-main. Contoh Haris, memang dari awal menerima aspirasi dari ulama seorang Kiai Asep Saifudin Halim adalah pimpinan pondok pesantren dan kemudian Bu Khofifah, beliau gubernur terpilih, jelas mengatakan, 'Mas Rommy, percayalah dengan Haris, karena orang kerja bagus.' Sebagai gubernur terpilih, beliau mengatakan kalau Mas Haris sudah kenal kinerjanya sehingga ke depan sinergi dengan Pempov akan lebih baik," papar Rommy kepada wartawan saat jeda pemeriksaan di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed