DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 16:11 WIB

Aksi Ormas Islam di Konjen Australia Berakhir dengan Lemparan Telur

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Aksi Ormas Islam di Konjen Australia Berakhir dengan Lemparan Telur Poster bergambar Australia ditimpuk telur (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Aksi ormas islam di depan Kantor Konjen Australia diakhiri dengan aksi lempar telur. Poster bergambar benua Australia ditimpuk dengan telur.

Sebanyak enam poster bergambar benua Australia diletakkan di pedestrian. Begitu diletakkan, satu persatu telur mendarat di poster tersebut.


Sebelum menimpuk poster benua Australia, massa membacakan sepuluh penyataan sikap kepada pemerintah Australia, Selandia Baru, dan Indonesia.

"Waktu kita untuk melakukan aksi sudah habis. Setelah melakukan aksi treatrikal ini, kita membubarkan diri. Sebelumnya kita bacakan terlebih dahulu pernyataan sikap kami," kata Arif' an saat berorasi di depan Kantor Konjen Australia Jalan Ir Soekarno, Merr, Jumat (22/3/2019).


Kesepuluh pernyataan sikap itu adalah:

1. Duka cita sedalam-dalamnya terhadap muslim korban penembakan di masjid Al Noor dan Lindwood Christchurch Selandia Baru. Mudah-mudahan yang wafat adalah syahid dan mendapatkan tempat yang terhormat di hadapan manusia dan di sisi Allah SWT

2. Mengutuk keras kebrutalan sekaligus kebiadaban Brenton Tarrant, warga Australia (Australian citizen), terhadap muslim yang sedang melaksanakan Salat Jumat, 15 Maret 2019 di wilayah Christchurch, Selandia Baru.

3.Mendesak pemerintah Selandia Baru dan pemerintah Australia untuk segera mengusut tuntas motif dan pelaku pembantaian maupun dalangnya serta memberikan hukuman yang seberat-beratnya terhadap pelaku pembantaian.

4. Mendesak pemerintah Australia dan Selandia Baru harus menunjukkan upaya serius melawan perilaku Islamofobia.

5.Mendesak pemerintah Australia untuk meminta maaf atas pernyataan senatornya (Mr Fraser Anning) yang menyudutkan umat Islam serta atas tindakan biadab warganya (Brenton Tarrant) yang telah melakukan aksi penembakan mengakibatkan tewasnya puluhan umat Islam Selandia Baru

6. Mendesak pemerintah Austalia untuk meningkatkan keamanan dan melindungi keseharian muslim Australia agar dapat hidup damai dan dapat menjalankan ajaran agama dengan aman.

7. Menegaskan bahwa aksi terorisme tidak punya agama. Oleh karena itu, mengaitkan tindakan terorisme dengan umat Islam adalah tindakan yang sangat keji

8. Mendesak pemerintah Indonesia menghapus kebijakan standar ganda isu terorisme.

9. Mengimbau seluruh umat Islam, untuk menggalang solidaritas dan persatuan serta menegakkan dan menjunjung tinggi simbol-simbol Islam

10. Mengajak seluruh umat Islam untuk bahu membahu membantu keluarga korban penimbakan dan pembantaian di Selandia Baru dengan menyisihkan sebagian rezekinya dan memberikan infaq terbaik dalam aksi solidaritas ormas Islam Surabaya tersebut




Simak Juga 'Diceploki Telur, Ini Kata Senator Australia':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed