detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 16:16 WIB

Perempuan yang Sesak Napas Diduga Obesitas Beratnya Hampir 200 Kg

Eko Sudjarwo - detikNews
Perempuan yang Sesak Napas Diduga Obesitas Beratnya Hampir 200 Kg Nurhidayati Khusnul, wanita yang diduga alami obesitas/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Berat badan Nurhidayati Khusnul diperkirakan hampir 200 kg. Menurut pihak rumah sakit, wanita berusia 31 tahun itu memiliki tanda-tanda obesitas.

"Hampir 2 kuintal, tapi bobot pastinya tidak tahu," kata bibi Nurhidayati, Martiah ketika mengantarkan keponakannya itu di RSUD dr Soegiri Lamongan, Selasa (19/3/2019).


Nurhidayati merupakan warga Desa Kebalandono, Kecamatan Babat, Lamongan. Namanya menjadi pemberitaan setelah dibawa ke rumah sakit karena menderita gangguan pernapasan selama 2 hari.

Menurut Martiah, Nurhidayati menderita kegemukan sejak remaja. Sudah sejak kecil mengalami kegemukan, dari usia 14 tahun," kata Martiah


Terkait berat badan Nurhidayati, Kabid Pelayanan RSUD dr Soegiri Lamongan, dr Maya Hangraningrum menyebut ada tanda-tanda obesitas pada badan pasien. Namun menurutnya, untuk memastikan apakah Nurhidayati mengalami obesitas atau tidak masih diperlukan observasi.

"Dari indeks berat badan memang ada tanda-tanda obesitas tapi pasien datang ke gawat darurat karena ada keluhan pernapasan dan penyebab gangguan pernapasan ini bisa dari berbagai hal," katanya.

Terlepas dari itu, sang bibi mengaku kesulitan saat hendak membawa Nurhidayati ke rumah sakit. Dengan bobot yang hampir 200 kg, ibu satu anak itu tidak bisa melewati pintu rumah sehingga harus dbobol.



Tonton video Diduga Obesitas, Ibu Muda Ini Dibawa ke RS karena Sesak Napas:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed