DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 15:41 WIB

Sosok Kiai yang Jasadnya Utuh di Mata Para Santri

Erliana Riady - detikNews
Sosok Kiai yang Jasadnya Utuh di Mata Para Santri Kiai Anwar Sudibyo/File: detikcom
Blitar - Kiai Anwar Sudibyo dikenal sebagai sosok bersahaja dan diterima semua golongan. Menurut salah satu santri, dakwah Kiai Anwar bisa disebut Islam Nusantara.

Salah satu murid, Agus Sudibyo, menyebut Kiai Anwar sebagai pelita bagi santri di Blitar. Munurutnya, sang kiai mau mengayomi dan bisa diterima di semua kalangan.

"Saya ngaji di Pondok Tambakan sekitar tahun 1986. Saat itu saya sebenarnya hanya ikut-ikutan saja. Namanya anak muda. Tapi ketika saya mendengar Mbah Kiai berdakwah, kok cocok sama jiwa muda saya," kata Agus kepada detikcom, Selasa (19/3/2019).


Menurut Agus, sang kiai tidak pernah memaksa orang untuk mendengarkan ceramahnya atau menyuruh apa yang dia contohkan. Misalnya, jika belum bisa salat lima waktu, setidaknya salat Jumat.

Sang kiai juga tidak pernah menyebarkan dogma pragmatis tentang ajaran Islam. Beliau sangat terbuka dengan semua golongan. Ia mengajaknya berdiskusi tentang agama.

"Kiai Anwar berhasil menyatukan nilai-nilai Islam diakulturasi dengan kearifan lokal Jawa. Tidak pernah memaksa. Makanya dakwah beliau bisa diterima semua golongan. Baik di golongan NU, Muhammadiyah bahkan partai politik apapun. Islam Nusantara, itulah kalau istilahnya sekarang," tambahnya.


Agus melanjutkan, Kiai Anwar dakwah dengan pembawaan yang kalem, bersahaja dan tidak terbatas ruang. Itu yang membuat sosok Kiai Anwar semakin menjadi panutan. Tak hanya bagi umat Islam, namun semua warga Blitar.

Agus yang kini bermukim di Jakarta selalu ingat pesan sang kiai untuk percaya pada kekuasaan Sang Pencipta. "Modal manusia hidup itu harus percaya pada kuasa Allah. Ketika Allah memberikan kehidupan, maka Allah akan menjamin hidup kita," pungkas anggota Dewan Pers itu.

Kiai Anwar menjadi perhatian setelah jasadnya yang sudah dikubur 31 tahun tampak utuh saat digali. Banyak netizen yang merasa heran sehingga viral di media sosial. Sang putra, Munib membenarkan jika jari kaki hingga kepala Kiai Anwar masih menyambung. Kemudian kain kafan yang membungkus jasadnya pun tidak ada yang robek.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed