DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 22:54 WIB

Di Malang, Sandi Bicara Rumah Siap Kerja untuk Pangkas Pengangguran

Muhammad Aminudin - detikNews
Di Malang, Sandi Bicara Rumah Siap Kerja untuk Pangkas Pengangguran Sandiaga Uno di Malang/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku telah banyak mendapatkan tawaran untuk mendirikan Rumah Siap Kerja di Malang. Sandi mengaku sudah melihat beberapa kemungkinan itu.

"Kita sudah melihat beberapa kemungkinan di Malang, tapi sudah ada beberapa tawaran. Rumah Siap Kerja untuk menjawab tingginya angka pengangguran," kata Sandiaga Uno saat mendatangi Kampung Muharto di Kota Malang, Senin (18/3/2019) petang.

Menurut Sandi, Rumah Siap Kerja akan hadir dengan konsep kemitraan. Ada peran dunia usaha dan masyarakat dalam menjalin kerjasama. Rumah tersebut diyakini mampu mengurangi angka pengangguran yang mencapai 2 juta orang di Indonesia.


"Karena rumah siap kerja itu kolaboratif-partisipatif. Kalau ada anggota masyarakat dunia usaha ingin bekerjasama, maka Rumah Siap Kerja bisa dihadirkan, karena berkonsep kemitraan," imbuh mantan Wagub DKI Jakarta.

Sandi menambahkan, Rumah Siap Kerja bukan hanya hadir menjelang Pilpres saja. Namun sudah diluncurkan di Jakarta.

"Kami melihat ini sudah di-launching di Jakarta. Kita tidak mau hanya berkenaan dengan Pilpres dan akan-akan, dan ini sudah berjalan," lanjut Sandi.

Sandi melihat angka pengangguran terbesar berada di usia 15 sampai 24 tahun. Kemudian jumlahnya sudah mencapai jutaan orang.


"Jadi itu kita pastikan untuk menurunkan 2 juta pengangguran usia muda. Karena pengangguran banyak di usia 15 sampai 24 tahun," paparnya.

Mengenai Balai Latihan Kerja (BLK), menurut Sandi itu bisa bersinergi dengan Rumah Siap Kerja. Ia menegaskan tidak akan menambah-nambah program yang membebani negara.

"Agar tidak tumpah tindih, karena sekarang zamannya kolaboratif, dan tidak perlu menambah program-program baru yang justru membebani negara. Karena kita semestinya mengurangi," pungkas Sandi.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed